Jumat, 03 Mei 2024 09:11 WIB

Daerah

Petugas Pemadam Menggunakan Cairan Deterjan untuk Padamkan Lahan yang Terbakar Seluas Tujuh Hektare

Redaktur: Redaksi
| 283 views

KEBAKARAN LAHAN - Lahan seluas 7 hektare di Desa Jonggon, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur terbakar sejak Sabtu (19/8/2023)

 

Tenggarong, Afiliasi.net - Lahan seluas 7 hektare di Desa Jonggon, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur terbakar.

Api membakar kawasan yang berdekatan dengan perusahaan kelapa sawit di Jonggon C.

Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutai Kartanegara menerima informasi langsung mempersiapkan tim dan peralatan.

Mereka bergerak ke lokasi kejadian pukul 01.30 Wita, Sabtu (19/8/2023).
Hingga hari ini, Minggu (20/8/2023), tim masih berupaya memadamkan lahan terbakar. Setelah dilakukan pembongkaran tumpukan limbah oleh pihak perusahaan dengan menggunakan alat berat.

"Upaya pemadaman ini dibantu oleh relawan balakar Jonggon Jaya dan dari Balakarcana Awang Long Tenggarong," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kukar, Abdal.

Proses pemadaman cukup sulit. Karena lahan yang terbakar merupakan tumpukan limbah sawit yang mengandung minyak. Sehingga pemadaman dilakukan dengan menggunakan cairan deterjen.

"Setiap setengah jam, mesin dimatikan. Ini dilakukan sambil menunggu suplai air datang ke lokasi," katanya.

Berdasarkan informasi anggota tim yang masih di lapangan, Abdal mengatakan hingga saat ini titik api sudah mulai berkurang.

"Sampai sekarang kami masih menunggu info perkembangan lebih lanjut. Untuk kronologis dan juga penyebab api belum diketahui secara pasti karena fokus utamanya adalah memadamkan titik api," tutupnya. (editor: jon)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kebakaran-lahan #jonggon #kutai-kartanegara 

Berita Terkait

IKLAN