Minggu, 15 September 2024 05:09 WIB

Daerah

Pemkab Kukar Kirim 20 Mahasiswa Lanjutkan Pendidikan ke Telkom University Lewat Beasiswa Kukar Idaman

Redaktur: Redaksi
| 52 views

Sekretaris Daerah Kukar, Sunggono, saat melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Telkom University. (Istimewa)

Bandung, Afiliasi.net - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Salah satu langkah yang diambil oleh Pemkab Kukar ialah dengan meningkatkan kualitas pendidikan.

Alasan itulah yang mendorong Pemkab Kukar memberi bantuan pendidikan gratis kepada masyarakat melalui beasiswa Kukar Idaman. Bahkan, 20 penerima beasiswa Kukar Idaman dikirim ke Telkom University untuk menempuh pendidikan tinggi mereka.

Penyerahan secara simbolis calon mahasiswa-mahasiswi baru Telkom University dari Pemkab Kukar dilakukan langsung oleh Sekretaris Daerah Kukar, Sunggono, di Bandung pada Kamis (28/8/2024). Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan kerjasama pemerintah daerah dengan universitas tersebut.

Dijelaskan Sunggono, sebanyak 20 putra-putri daerah Kukar yang telah berhasil meraih beasiswa Kukar Idaman 2024 akan menempuh studi selama kurang lebih empat tahun di Telkom University.

Menurutnya, program beasiswa yang dijalankan dengan menggandeng Telkom University telah dimulai sejak tahun 2015 hingga 2017. Setelah terhenti selama lima tahun, kerjasama ini kembali dilanjutkan pada tahun 2022 hingga sekarang dengan mekanisme baru yang memberikan dampak positif signifikan bagi pemerintah daerah.

“Hal itu tergambar dari setiap adanya seleksi penerimaan mahasiswa baru yang selalu dipenuhi oleh calon pendaftar putra/i daerah, itu artinya bahwa Telkom University menjadi lembaga pendidikan favorit yang mempunyai daya tarik sendiri bagi lulusan SMA/SMK di Kabupaten Kutai Kartanegara,” ujarnya.

Sunggono menegaskan bahwa kerjasama ini merupakan bentuk nyata dari komitmen pemerintah daerah dalam mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dan berkarakter, sesuai dengan dengan misi Bupati Kukar nomor dua, yakni “Meningkatkan Pembangunan Sumber Daya Manusia Yang Berakhlak Mulia, Unggul dan berbudaya”.

“Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara akan terus berkomitmen, memberikan ruang lembaga-lembaga yang berorientasi ke bidang pendidikan untuk berkontribusi tidak hanya pemanfaatan program beasiswa tetapi juga program lain yang sinergi dengan perencanaan pembangunan daerah,” ungkapnya.

Sunggono berharap agar penyelenggaraan pendidikan ini menjadi program unggulan yang diiringi dengan inovasi maupun program-program pendukung dalam memaksimalkan manfaat beasiswa Kukar Idaman.

“Saya berpesan kepada adik – adik sekalian untuk memanfaatkan kesempatan yang baik ini, belajar yang sungguh – sungguh, karena tidak semua berkesempatan mendapatkan ini,” demikian pesannya. (*)

Editor: Rafika


TOPIK BERITA TERKAIT: #sekda-kukar #sunggono #beasiswa-kukar-idaman #kukar-idaman #kutai-kartanegara #telkom-university 

Berita Terkait

IKLAN