Selasa, 17 September 2024 01:54 WIB

Daerah

Sunggono: 18 Kafilah Kukar Siap Berlaga di MTQ Nasional, Pemkab Siapkan Hadiah Rumah Bagi Juara I

Redaktur: Redaksi
| 55 views

Sekda Kukar, Sunggono, saat mengunjungi kafilah Kukar yang menjalani TC jelang MTQ Nasional 2024. (Sumber: Istimewa)

Jakarta, Afiliasi.net - Kutai Kartanegara (Kukar) kembali unjuk gigi dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional. Tahun ini, Kukar mengirim mengirim perwakilan paling banyak dibanding 9 kabupaten/kota lainnya di Kalimantan Timur.

Selama mengikuti Training Center (TC) di Jakarta, para kafilah Kukar mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah daerah. Sekda Kukar yang juga Ketua LPTQ Kabupaten Kukar, Sunggono, secara langsung mengunjungi para peserta dan memberikan semangat serta bantuan finansial.

Sunggono, didampingi Kabag Kesra Dendi Irwan Fahriza,mengunjungi sekaligus memberikan uang saku kepada peserta dari Kukar, di Wisma Pamentas Kecamatan Cilandak, Jakarta, Rabu (28/8/24).

Pada kesempatan itu, Sunggono berbincang dengan para kafilah Kukar mengenai materi-materi yang telah mereka dalami sesuai dengan cabang lomba yang diikuti selama masa pelatihan.

“Semoga apa yang kalian pelajari disini akan menambah ilmu dan bisa kalian terima dengan baik, kemudian langsung siap berlomba di ajang MTQ tingkat Nasional nanti," ungkap Sunggono.

Sunggono berharap para kafilah dapat mengikuti ajang MTQ tingkat Nasional di bulan September nanti dengan tenang dan fokus, sehingga dapat memberikan penampilan terbaiknya. Adapun MTQ Nasional 2024 akan digelar di Kalimantan Timur.

Dengan rekam jejak sebagai juara umum MTQ Provinsi Kaltim selama enam tahun berturut-turut, Kukar memiliki tanggung jawab besar untuk mengharumkan nama Kalimantan Timur di ajang religi bergengsi itu.

“Tentunya ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kukar. Bahkan saat ini Kabupaten Kukar mengerahkan 18 perwakilannya untuk mengikuti MTQ tingkat nasional melebihi jumlah dari daerah lainnya," ucapnya.

Disampaikan Sunggono, Bupati Kukar Edi Damansyah telah berniat menghadiahkan satu unit rumah bagi kafilah Kukar yang berhasil meraih juara satu pada ajang MTQ Nasional kali ini.

“Mari manfaatkan TC ini sebaik mungkin, lakukan dengan hati, karena hanya orang-orang terpilihlah yang bisa mengikuti lomba MTQ tingkat nasional dan bersaing dengan kafilah dari daerah lain di Indonesia," tutur Sunggono.

"Untuk itu mari kita mendoakan bersama semoga kafilah Kukar khususnya dan Kaltim pada umumnya bisa mendapatkan juara nantinya," harapnya.

Pemkab Kukar juga terus berupaya mendukung pembinaan di bidang keagamaan. Di antaranya menaruh perhatian bagi santri pondok pesantren (ponpes) yang ingin melanjutkan pendidikan di bangku perguruan tinggi. Dengan memberikan Beasiswa Santri Lanjut Perguruan Tinggi, menjalin kerjasama dengan Perguruan Tinggi Ilmu Qur’an (PTIQ) di Jakarta.

Semua keberhasilan tidak lepas dari upaya bupati Kukar dalam mengembangkan dan pembinaan dibidang keagamaan. Dengan memberikan biaya operasional bagi ponpes senilai Rp 100 juta. Hal tersebut menunjukkan komitmen kuat dari Pemkab Kukar untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak di Ponpes. (*)

Editor: Rafika


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #kutai-kartanegara #sunggono #sekda-kukar #mtq-nasional-ke-30 #mtq-nasional-2024 #kukar-idaman #kafilah-kukar 

Berita Terkait

IKLAN