Sabtu, 13 Juli 2024 07:36 WIB

Lifestyle

Penangkaran Rusa Desa Api-api PPU Cocok untuk Destinasi Wisata Akhir Pekan, Jaraknya 60 Menit dari IKN

Redaktur: Redaksi
| 799 views

RUSA SAMBAR - Kalimantan mempunyai beragam flora dan fauna. Bahkan beberapa di antaranya merupakan satwa khas yang mendiami suatu tempat di Kalimantan. Salah satunya, penangkaran Rusa di Desa Api-api, Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Penajam, Afiliasi.net - Kalimantan mempunyai beragam flora dan fauna. Bahkan beberapa di antaranya merupakan satwa khas yang mendiami suatu tempat di Kalimantan.

Salah satunya, penangkaran Rusa di Desa Api-api, Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Sekitar 214 rusa hidup di kawasan tersebut. Dari ratusan itu, diantaranya sekitar 48 ekor rusa jantan. Sisanya adalah rusa betina dan anakan.

Kasi Produksi Bibit dan Benih Ternak UPTD Pembibitan Ternak dan Hijauan Pakan Ternak Disnakkeswan Kaltim, Nur Tarigan mengatakan penangkaran rusa sudah ada sejak tahun 1990. Awalnya berdiri dikarenakan banyak perburuan liar yang dilakukan masyarakat terhadap rusa tersebut. Agar populasi rusa tidak menurun atau punah, Pemerintah membuat penangkaran di kawasan tersebut.

"Karena banyak perburuan di alam bebas secara besar-besaran. Maka Gubernur saat itu, merasa prihatin. Agar jumlah rusa tidak berkurang, maka dibangun penangkaran rusa" jelasnya, Minggu (20/8/2023).

Rusa yang ditangkarkan di tempat itu adalah Rusa Sambar. Rusa ini merupakan satwa endemik Kalimantan. Rusa ini memiliki perbedaan dengan rusa lainnya. Ukuran tubuh rusa ini lebih besar dari rusan biasanya. Warna bulunya pun lebih coklat dibandingkan rusa pada umumnya. 

"Jadi memang dari segi fisik lebih besar, warna bulu cenderung coklat dan tidak ada totol kayak rusa di istana Bogor," terangnya.

Di kawasan seluas 50 hektare juga terdapat hewan lainnya seperti Ayam Nunukan dan Kerbau Kalang.

Selain hewan endemik, wilayah yang terletak dengan jarak sekitar 60 menit dari kawasan IKN ini juga memiliki pemandangan yang indah. Rumput hijau dengan beberapa bukit kecil menghiasi kawasan tersebut.

Tak jarang, warga sekitar bahkan pendatang mengunjungi area ini untuk melihat dan berfoto bersama Rusa Sambar. Bahkan beberapa diantara mereka mengadakan foto prewedding di area tersebut.

"Kami ada biaya retribusi dari perda. Orang dewasa Rp3000, dan anak-anak Rp2000. Retribusi ini disetorkan sebagai PAD," pungkasnya. (editor: jon)


TOPIK BERITA TERKAIT: #rusa-sambar #penajam-paser-utara #ikn #kaltim #penangkaran-rusa-sambar 

Berita Terkait

IKLAN