Senin, 29 April 2024 10:35 WIB

Daerah

Wali Kota Samarinda Andi Harun Tanam Perdana Jagung Pipil di Sendang Sari, Fokus Pengembangan Produksi Jagung

Redaktur: Redaksi
| 183 views

Wali Kota Samarinda Andi Harun melakukan penanaman jagung pipil

Samarinda, Afiliasi.net – Wali Kota Samarinda, Andi Harun melakukan penanaman jagung pipil perdana dan dialog dengan Kelompok Tani Sumber Abadi. Hal ini upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan di Kota Samarinda.


Pelaksanaan penanaman perdana dilaksanakan di Kelurahan Sindang Sari, Kecamatan Sambutan, Senin (21/8/2023).


Andi Harun mengatakan program penanaman ini merupakan salah satu dari Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B). Lahan yang akan ditanami jagung pipil ini merupakan lahan yang telah ditentukan melalui Rancangan Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kota Samarinda.


“Jadi lahan ini sudah dikunci dalam rancangan tersebut,”ungkapnya.

Hasil panen dari Kelompok Tani berupa jagung pipil akan langsung diambil oleh Perumda Varia Niaga. Sehingga pemkot Samarinda menjamin penyerapan hasil tani berupa jagung pipil akan diolah sebagai pakan ternak.


“Jadi nanti langsung dibeli dan diolah untuk pakan ternak, juga akan direalisasikan dalam waktu dekat,”tambahnya.

Andi Harun mengatakan harapannya, bukan hanya di Kecamatan Sambutan, tetapi akan di realisasikan di seluruh kecamatan. Harapannya pun, Kelurahan Sindang Sari akan menjadi pusat pengembangan produksi jagung, khususnya jagung pipil.

“Jadi dapat difokuskan sebagai budi daya dan produksi jagung,”ungkapnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Ketapang Tani), Darham mengatakan dalam perencanaannya Perumda Varia Niaga akan menampung semua hasil tani. Ia Jelaskan para petani bertekad akan menambah lahan yang akan ditanami hingga 10 hektar.


“Jadi jika ada kepastian yang membeli maka petani mau menambah lahan produksinya,”ungkapnya.
Ia mencontohkan ketika Perumda Varia Niaga berani mengambil hasil tani, maka harga akan lebih stabil. Bahkan harga jagung pipil diperkirakan memiliki nilai jual Rp5 ribu per kilonya. Harapannya bisa memperluas lahan produksi ke seluruh kecamatan dan kelurahan.

“Sesuai dengan perintah wali kota, Perumda Varia Niaga harus siap,”ungkapnya.
Darham jelaskan terkait permintaan warga untuk subsidi infrastruktur juga pengairan, pemkot Samarinda akan fasilitasi semua permintaan warga. Termasuk irigasi dan mesin air.


“Semua permintaan Kelompok Tani akan diwujudkan segera, akan kami usulkan,”pungkasnya. (editor: jon)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #jagung-pipil #wali-kota-samarinda-andi-harun #samarinda #andi-harun 

Berita Terkait

IKLAN