Senin, 29 April 2024 02:20 WIB

Daerah

Pasar Pagi Samarinda Bakal Revitalisasi Tahun 2024, Punya Roof Top Mengarah ke Sungai Mahakam

Redaktur: Redaksi
| 284 views

Suasana Pasar Pagi Kota Samarinda

Samarinda, Afiliasi.net – Kepala Dinas Perdagangan Kota Samarinda Marnabas menyebut revitalisasi pasar pagi segera dilakukan tahun 2024. 

Marnabas menjelaskan, secara teknis Pasar Pagi yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Gajah Mada ini akan dibangun 4 atau 5 lantai.

Selanjutnya, juga akan disediakan lift khusus barang hingga eskalator. Sehingga bentuknya lebih modern.


Pada lantai paling atas akan dibangun food court yang langsung mengarah ke Sungai Mahakam. Citra pasar pagi yang hanya dikhususkan sebagai pusat tekstil akan berubah menjadi pusat perbelanjaan umum. Nantinya bakal menonjolkan wisata pinggir Sungai Mahakam yang menjadi ikon Kota Samarinda.

“Lantai paling atas akan digunakan sebagai food court dengan konsep roof top dan mengarah ke Sungai Mahakam,”ungkapnya, Selasa (29/8/2023).
Marnabas mengatakan bahwa setiap lantai nantinya akan menggunakan sistem zonasi per jenis dagangan dan sesuai dengan lantainya. Termasuk di dalamnya penyediaan lahan parkir khusus, sehingga akan menjawabi keresahan warga akan parkir sekitar Pasar Pagi yang padat dan mengganggu lalu lintas.


“Lantai satu di bawah itu basemen, cukup untuk 120 unit mobil dan bisa menampung motor hampir 1.000 kapasitas,” sebutnya.
Begitu pun, dalam rangka digitalisasi, Pasar Pagi juga akan mendukung konsep pembayaran non tunai, QRIS.

“Nantinya juga akan diberlakukan sistem non tunai seperti Pasar Baqa Harapan Baru,”jelasnya.
Sementara itu, Pedagang Baju Pasar Pagi, Roni mengaku setuju dengan adanya revitalisasi Pasar Pagi. Baginya, hal tersebut dapat membantu menunjang perekonomian warga Kota Samarinda.

Terutama para Pedagang di Pasar Pagi akan lebih teratur dan mendapatkan fasilitas yang mempermudah akses pengangkutan barang.


“Kami ikut kata Pemkot Samarinda, semuanya demi kemajuan dan membantu perekonomian warga Kota Samarinda, utamanya soal parkir, jadi lebih tertata,” pungkasnya. (editor: jon)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pasar-pagi-samarinda #kota-samarinda #samarinda #revitalisasi-pasar-pagi-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN