Jumat, 03 Mei 2024 08:19 WIB

Daerah

Bupati Kukar Edi Damansyah Beri Bantuan ke Korban Kebakaran di Muara Kaman

Redaktur: Redaksi
| 167 views

BERI BANTUAN - Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah memberikan langsung bantuan kepada korban terdampak kebakaran.

Tenggarong, Afiliasi.net - Korban kebakaran di Desa Muara Kaman Ulu, Kecamatan Muara Kaman mendapatkan uluran dari Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Tak lebih dari 24 jam, Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah memberikan langsung bantuan kepada korban terdampak kebakaran.

Total sekitar 21 Kepala Keluarga, dengan rincian 88 jiwa yang kehilangan rumah dan barang-barang berharga miliknya.

Edi menyalurkan bantuan berupa kompor gas, tabung gas, selimut, terpal, minyak goreng, mie instan, perlengkapan bayi, perlengkapan dewasa, dan lainnya.

Edi juga sekaligus menyerahkan bantuan mesin pompa portable yang telah disiapkan oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kutai Kartanegara.

Dia berharap korban musibah kebakaran tetap tegar dan tabah melewati ujian ini. Sebab, segala cobaan pasti ada hikmahnya tersendiri.

Meski pun ia juga menyakini insiden ini bukanlah suatu hal yang mudah.

"Harus kita kembalikan bahwa kita punya keyakinan, dibalik musibah ini pasti ada hikmahnya dari yang maha kuasa," ucap Edi, Kamis (7/9/2023).

Kehadiran Edi bersama jajaran semata-mata sebagai bentuk kepedulian kepada sesama untuk meringankan beban dan cobaan yang dirasakan seluruh masyarakat yang mengalami musibah kebakaran.

Untuk itu, atas nama Pemerintah Kabipaten Kutai Kartanegara dan pribadi menyampaikan turut berbelasungkawa atas musibah yang terjadi.

“Saya turut menyampaikan berbelasungkawa, berduka dan turut merasakan apa yang bapak ibu rasakan," ujarnya.

Edi berpesan, ketika akan kembali dilakukan pembangunan di eks lokasi kebakaran dapat melakukan penataan tempat tinggal.

Hal tersebut perlu dilakukan dengan harapan kondisi pemukiman tertata lebih baik, rapi, dan memiliki lingkungan yang lebih nyaman untuk ditempati.

Sebelumnya, telah terjadi peristiwa kebakaran pemukiman warga, Rabu (6/9/2023), pukul 16.00 Wita.

Lokasi kebarakan berada di RT. 06 dan 07 Desa Muara Kaman Ulu, Kecamatan Muara Kaman Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Api dapat dipadamkan pukul 17.45 Wita. Setelah petugas pemadam kebakaran berasama warga dan relawan bejibaku mengendalikan jago merah.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Pemerintah Kecamatan Muara Kaman, musibah kebakaran tersebut menyebabkan belasan rumah ludes jadi arang.

Rinciannya, terdapat 1 rumah di RT 06 yang hangus tak tersisa. Rumah tersebut ditinggali oleb 3 kepala keluarga dengan 7 jiwa.

Sementara di RT 07 kondisinya lebih memprihatinkan. Terdapat 18 rumah dengan 18 kepala keluarga dan 72 jiwa yang harus kehilangan tempat tinggal.

Selain rumah, lima unit sarang burung walet juga rusak terdampak. Ada pula satu unit mobil, dan empat sepeda motor ludes jadi arang.
Diperkirakan kerugian materiil atas peristiwa ini mencapai Rp4 miliar.

Menindaklanjuti hal tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutai Kartanegara pun bergerak cepat dan berkoordinasi dengan instansi terkait.

"Saat mendapat kabar kami langsung mengkoodinasikan pemberian bantuan bagi korban kebakaran dengan stakeholder ainnya seperti Dinas Sosial," jelas Kepala BPBD Kukar, Setianto Nugroho Aji. (editor: jon)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kutai-kartanegara #bupati-edi-damansyah #kebakaran-muara-kaman #muara-kaman-kukar 

Berita Terkait

IKLAN