Sabtu, 09 Desember 2023 05:56 WIB

Advetorial

Wujudkan SDM Kreatif, Bentuk Kekraf Seluruh Kecamatan

Redaktur: Redaksi
| 60 views

Kepala Dispar Kukar, Slamet Hadiraharjo (Istimewa)

Kutai Kartanegara, Afiliasi.net - Dinas Pariwisata melalui Komite Ekonomi Kreatif (Kekraf) Kukar terus melakukan pembentukan Kekraf di seluruh Kecamatan.

Kepala Dispar Kukar Slamet Hadiraharjo menyebutkan, ada puluhan kekraf yang sudah terbentuk di kecamatan. Tujuan Kekraf ini adalah, untuk menciptakan produk lokal yang mampu bersaing dan memiliki nilai ekonomi tinggi, agar memiliki daya tarik untuk menunjang ekonomi kreatif di daerah.

"Kekraf ini untuk menciptakan produk lokal yang mampu bersaing, miliki kerativitas, sehingga memiliki nilai yang tinggi," kata Slamet Hadiraharjo, Selasa (14/11/2023).

Sementara itu Plt Ketua Kekraf Akbar Haka menuturkan, terus berupaya mempersiapkan kualitas sumber daya manusia (SDM) berdaya saing. Mengingat, akan banyak penduduk yang bermigrasi ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Jika tidak dibekali dengan SDM yang unggul dan pengetahuan yang memadai, sangat sulit bagi pemuda daerah dalam berpartisipasi. Oleh sebab itu, mulai sekarang para pemuda harus mempersiapkan diri agar bisa terlibat di pembangunan IKN," ucap Akbar Haka.

Pihaknya menargetkan, ketika IKN pindah pemikiran pemuda lokal sudah terbentuk,  agar tidak menjadi penonton di tempat sendiri.

Ia juga memberikan tips kepada generasi milenial yakni, harus mampu berinovasi dan beradaptasi dalam menghadapi geliat pembangunan IKN.

Kemudian, anak muda harus memiliki prinsip dan etos kerja tinggi sehingga mampu bersaing dengan sumber daya manusia yang datang ke IKN.

"Prinsipnya minimalisir konfrontasi dan perbanyak kompetisi serta kolaborasi. Demi membangun IKN secara bersama-sama," ungkapnya. (Adv)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #dispar-kukar #kekraf-kukar #ekonomi-kreatif-kukar #ikn 

Berita Terkait

IKLAN