Jumat, 10 Mei 2024 12:40 WIB

Advetorial

MTQ Ke-44 Kutai Kartanegara: Kecamatan Loa Janan Raih Juara Umum

Redaktur: Redaksi
| 43 views

Penutupan MTQ ke-44.

Afiliasi.net - Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-44 Tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) 2023, yang berlangsung sejak 9 November di Kecamatan Kota Bangun Darat, resmi ditutup pada Rabu malam (15/11). Penutupan ini diselenggarakan di Arena Utama MTQ, Lapangan Sepak Bola Kota Bangun III, ditandai dengan pemukulan perkusi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar, Dr. H Sunggono.

Juara Umum MTQ ke-44 Kukar diraih oleh Kecamatan Loa Janan dengan total poin 91. Disusul oleh Juara II, Kecamatan Tenggarong dengan 74 poin, dan Juara III, Kecamatan Muara Badak dengan 66 poin. Posisi empat diisi oleh Kecamatan Samboja dengan 37 poin, sementara Kecamatan Loa Kulu berada di posisi lima dengan 24 poin, bersama dengan kecamatan-kecamatan lainnya.

Sekda Kukar, Dr. H Sunggono, menyatakan apresiasi terhadap kelancaran dan keharmonisan pelaksanaan MTQ ke-44 Kukar 2023. Ia menyebut bahwa partisipasi penuh dari ke-20 kecamatan di Kukar mencerminkan kecintaan masyarakat, khususnya masyarakat Kota Bangun Darat sebagai tuan rumah, terhadap nilai-nilai persaudaraan, kekeluargaan, toleransi, dan kebersamaan.

"Kedepan saya harapkan peran LPTQ Kecamatan harus lebih di berdayakan dalam melakukan pembinaan terhadap Qori dan Qoriah, Hafidz dan Hafidzah melalui Rumah Qur’an (Baitul Qur’an yang di bangun di setiap Kecamatan minimal 1)," ujar Bupati Edi Damansyah dalam sambutan.

Sunggono juga menekankan bahwa dalam setiap perlombaan, terdapat yang juara dan yang belum juara. Namun, dalam MTQ, semua peserta dianggap sebagai juara di hadapan Allah SWT. Mereka bukan hanya pejuang membaca Al-Qur'an dengan tartil, mahroj, dan tajwid yang benar, tetapi juga berusaha memahami isi kandungan Al-Qur'an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pada acara penutupan, ditetapkan juga bahwa tuan rumah MTQ Kukar berikutnya akan diselenggarakan di Kecamatan Samboja Barat. Sekda menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang berkontribusi dalam menyukseskan MTQ ke-44 tahun 2023, termasuk unsur FKPD, LPTQ Kukar, dan berbagai instansi terkait, serta seluruh peserta dan panitia yang terlibat. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #prokom-kukar #penutupan-mtq #juara-umum-mtq 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler