Selasa, 07 Mei 2024 09:49 WIB

Advetorial

Dispar Kukar Usulkan Jembatan Alternatif ke Pulau Kumala

Redaktur: Redaksi
| 41 views

Jembatan Menuju Pulau Kumala (Istimewa)

 

TENGGARONG, Afiliasi.net - Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) mengusulkan pembangunan jembatan alternatif untuk pengendara roda empat yang ingin mengunjungi destinasi wisata Pulau Kumala. Jembatan ini diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas dan daya tarik Pulau Kumala sebagai salah satu ikon pariwisata Kukar.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar Kukar, Triyatma, mengatakan bahwa usulan pembangunan jembatan alternatif ini sudah masuk dalam rencana pembangunan jangka panjang menengah. 

“Kami sudah mengusulkan untuk tahun depan, tapi tergantung pemerintah daerah lagi. Kami berharap menjadi prioritas pembangunan, yang penting kami dari dinas pariwisata sudah mengusulkan untuk itu,” ujar Triyatma, Jumat (17/11/2023).

Triyatma menambahkan bahwa saat ini pengunjung Pulau Kumala hanya bisa menyeberang menggunakan Jembatan Repo-Repo yang memiliki lebar sekitar 3,5 meter. Jembatan ini tidak memungkinkan untuk dilalui oleh kendaraan roda empat.

“Jembatan alternatif ini nantinya akan memudahkan pengunjung yang membawa kendaraan pribadi atau sewaan. Mereka tidak perlu parkir di daratan dan berjalan kaki menyeberang jembatan. Selain itu, jembatan alternatif ini juga akan menambah nilai estetika Pulau Kumala,” katanya.

Sementara itu, Staf Logistik Projek Pulau Kumala, Achmad Chumaidi, mengatakan bahwa wacana pembangunan jembatan alternatif ini sudah ada sejak lama. Namun, lokasi dan desain jembatan masih belum ditentukan. 

“Ada rencana dari Desa Perjiwa buat jembatan roda empat, kemudian ada perubahan lagi mungkin dari depan sini dari kotanya. Kalau di pikir aksesnya lebih enak dari kota, lebih dekat, dan tiangnya sudah tertata,” tuturnya.(Adv)


TOPIK BERITA TERKAIT: #dispar-kukar #jembatan-alternatif #pulau-kumala #ikon-pariwisata-kukar #edi-damansyah #rendi-solihin 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler