Senin, 29 April 2024 09:23 WIB

Tekno

Tips Atur WhatsApp Agar Lebih Hemat, Tidak Boros Paket Data

Redaktur: Siti Mu'ayyadah
| 84 views

Halaman WhatsApp (WhatsApp)

Afiliasi.co - Di era kemajuan teknologi saat ini, banyak cara untuk kita melakukan komunikasi jarak jauh. Salah satunya dengan mengirim pesan menggunakan aplikasi yang sudah sangat familiar di kalangan mayoritas masyarakat Indonesia yaitu WhatsApp.

Tidak hanya berbagi pesan, WhatsApp juga memberikan fasilitas bagi penggunanya untuk mengirim foto dan video. Terkadang foto atau video yang dikirim memiliki ukuran yang besar dan menguras data internet pengirimnya maupun penerima.

Berikut cara mengatur WhatsApp agar data internet kita tidak cepat terkuras:

 

1. Mematikan Fitur Unduh Otomatis

Biasanya, WhatsApp akan mengunduh file foto atau video yang dikirim secara otomatis jika fiturnya tidak dimatikan. Untuk mematikan fitur unduh otomatis, kita perlu masuk ke bagian pengaturan di WhatsApp.

 

2. Atur Kualitas Gambar Sesuai Kebutuhan

Kualitas gambar dapat diatur sesuai kebutuhan kita. Hal tersebut akan membantu kita menghemat data internet yang digunakan pada aplikasi tersebut. Caranya adalah masuk ke 'Pengaturan' lalu ke 'Akun, kemudian ke 'Privasi', pada pilihan 'Status' aktifkan kualitas sesuai kebutuhan.

 

3. Gunakan Fitur Mode Hemat Data

Selain mengurangi kualitas gambar, cara lain yang bisa kita gunakan adalah mengaktifkan fitur mode hemat data. Cara ini bisa digunakan untuk membatasi penggunaan data di aplikasi tersebut. Pengguna bisa masuk ke 'Pengaturan' lalu ke pilihan 'Data dan penyimpanan' kemudian aktifkan 'Mode hemat data'.

Editor: Siti Mu'ayyadah 


TOPIK BERITA TERKAIT: #whatsapp #hemat-data-internet #data-internet #tips 

Berita Terkait

Cara Bersihkan AirPods yang Benar dan Mudah

Lifestyle

Dapat Cuan Lewat TikTok, Begini Caranya!

Lifestyle

Lupa Alamat Akun Gmail, Ini Cara untuk Memulihkannya

Lifestyle

Tips Buat Kebiasaan Baru dari Atomic Habits

Lifestyle

IKLAN