Senin, 29 April 2024 04:17 WIB

Lifestyle

Tips Buat Kebiasaan Baru dari Atomic Habits

Redaktur: Siti Mu'ayyadah
| 87 views

Buku Atomic Habit (VOI)

Afiliasi.net - Di era kemajuan saat ini, diantara kita ada yang memiliki kebiasaan buruk dalam mengatur hidupnya, contohnya bermalas-malasan, berselancar di dunia maya tanpa ingat waktu, mengerjakan tugas atau bekerja tidak maksimal, dan lain sebagainya. Hal tersebut mengganggu diri kita atau bahkan orang lain, sehingga kita mencoba berbagai cara untuk mengubah kebiasaan tersebut. 

Ada banyak cara yang ditawarkan untuk mengubah kebiasaan. Salah satu cara yang ditawarkan adalah dari buku "Atomic Habits" karya James Clear. Buku tersebut membahas tentang cara mengubah kebiasaan secara efektif, dengan fokus pada perubahan-perubahan kecil yang konsisten. Buku ini dapat memberikan banyak tips bermanfaat untuk kehidupan kita sehari-hari.

Berikut adalah beberapa tips untuk melakukan kebiasaan baruyang ditawarkan Atomic Habits:

 

Mulailah dengan hal-hal kecil.

Ketika kita memiliki "mood" untuk mengubah kebiasaan buruk kita, biasanya kita langsung ingin mengubah sekaligus. Semisal kita ingin berhenti scroll media sosial, kita langsung berhenti selama satu hari penuh. Menurut buku Atomic Habit, jangan mencoba mengubah terlalu banyak hal sekaligus, karena akan membuat kita cepat menyerah. Mulailah dengan hal-hal kecil yang mudah dilakukan, dan tingkatkan intensitasnya secara bertahap.

 

Buatlah kebiasaan menjadi mudah dan menyenangkan.

Jika kita menikmati kebiasaan yang kita lakukan, kita akan lebih cenderung untuk melakukannya secara konsisten. Setelah kita mengubah kebiasaan tentu ada kebiasaan baru yang perlu kita lakukan dengan senang hati. Misalnya, jika kita ingin memulai kebiasaan berolahraga, kita dapat memulai dengan berjalan kaki selama 10 menit setiap hari.

 

Temukan pemicu yang dapat membantu Anda memulai kebiasaan.

Agar kita mau melakukan kebiasaan baru, kita perlu membuat diri kita mengingat kebiasaan itu. Kita perlu menambah pemicu dalam setiap kebiasaan yang ingin kita lakukan. Misalnya, jika Anda ingin mulai membaca buku, Anda dapat menetapkan pemicu untuk membaca setiap kali Anda bangun tidur.

 

Buatlah sistem yang dapat membantu Anda tetap konsisten.

Agar apa yang kita lakukan dapat menjadi sebuah kebiasaan, tentu kita perlu melakukannya secara berulang-ulang dan konsisten. Misalnya, kita dapat membuat jadwal olahraga atau bergabung dengan komunitas olahraga.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, kita dapat mengubah kebiasaan kita menjadi lebih baik, dan mencapai tujuan-tujuan kita dalam hidup.

Berikut adalah beberapa tips tambahan yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari:

•Fokuslah pada proses, bukan hasil.

Jika kita fokus pada hasil, kita akan mudah menyerah jika tidak segera mencapainya. Sebaliknya, jika kita fokus pada proses, kita akan lebih termotivasi untuk terus berusaha.

•Jangan membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Setiap orang memiliki perjalanannya masing-masing. Fokuslah pada kemajuan diri sendiri, dan jangan membandingkan diri kita dengan orang lain.

•Nikmati perjalanannya

Perubahan tidak terjadi dalam semalam. Nikmati prosesnya, dan jangan lupa untuk merayakan setiap pencapaian diri.


TOPIK BERITA TERKAIT: #atomic-habit #james-clear #kebiasaan-baru #tips 

Berita Terkait

Cara Bersihkan AirPods yang Benar dan Mudah

Lifestyle

Dapat Cuan Lewat TikTok, Begini Caranya!

Lifestyle

Lupa Alamat Akun Gmail, Ini Cara untuk Memulihkannya

Lifestyle

IKLAN