Sabtu, 27 April 2024 07:34 WIB

Advetorial

Pemkab Kukar Apresiasi Pelaku Usaha Pariwisata Melalui ATWI 2023

Redaktur: Redaksi
| 68 views

ATWI 2023 (Istimewa)

 

TENGGARONG, Afiliasi.net - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Anugerah Tempat Wisata Idaman (ATWI) 2023 sebagai bentuk apresiasi kepada para pelaku usaha bidang pariwisata di daerah tersebut. Acara puncak ATWI berlangsung di Gedung Putri Karang Melenu, Tenggarong Seberang.

Acara ini dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Kukar bidang Administrasi Umum Ahyani Fadianur yang mewakili Bupati Edi Damansyah, jajaran Dinas Pariwisata Kukar selaku penyelenggara acara, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan para camat di Kukar, para pengelola tempat wisata di Kukar, dan stakeholder serta undangan lainnya.

Ahyani Fadianur mengatakan, ATWI Kukar sejalan dengan program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia. 

“ATWI bukan semata-mata mencari yang terbaik, namun lebih kepada apresiasi Pemkab Kukar kepada pelaku usaha agar lebih semangat lagi dalam mengelola tempat wisatanya, serta sekaligus menggali dan menghimpun informasi serta permasalahan di lapangan untuk nantinya akan menjadi dasar kebijakan pemerintah daerah dalam menyusun program kedepannya,” ujar Ahyani, Sabtu (25/11/2023).

Adapun, penilaian ATWI dilakukan berdasarkan beberapa kategori yakni, daya tarik pengunjung, pemasaran, kelembagaan, serta pemberdayaan masyarakat dan lingkungan. Dinas Pariwisata Kukar telah menyiapkan penghargaan khusus berupa piala, piagam, dan uang pembinaan yang ditujukan untuk tempat wisata yang dikelola Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Kelompok Masyarakat (Pokmas) dan swasta.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan apresiasi kepada pemenang atas kontribusi aktif dalam pencapaian kunjungan wisatawan dan menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD). Serta turut mempromosikan tempat wisata di Kukar. (Adv)


TOPIK BERITA TERKAIT: #dispar-kukar #atwi-2023 #pelaku-usaha-pariwisata #edi-damansyah #rendi-solihin 

Berita Terkait

IKLAN