Kamis, 02 Mei 2024 01:32 WIB

Nusantara

Eks Gubernur Papua Lukas Enembe Meninggal Dunia, KPK Hentikan Kelanjutan Pidana

Redaktur: Redaksi
| 74 views

Lukas Enembe Meninggal Dunia Selasa (26/12/2023) (JAWA POS)

Afiliasi.net - Mantan gubernur Papua Lukas Enembe dinyatakan meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) pada Selasa (26/12/2023). Diketahui bahwa sebelumnya, Lukas beberapa kali telah dirawat di RSPAD Gatot Subroto karena gagal ginjal.

Mantan gubernur Papua ini meninggal dunia saat ditetapkan sebagai terdakwa kasus suap dan gratifikasi oleh Komisi Pemberantas Korupsi (KPK). Sebelumnya, Ia harus melakukan perawatan medis sembari proses sidang berlangsung.

Dilansir dari CNNIndonesia.com, kuasa hukum Lukas Enembe, Antonia Eko Nugroho menerangkan perihal meninggal Lukas pada pukul 10.00 WIB. 

"Menurut keterangan keluarga mendiang, yang setia mendampingi dan merawat beliau, Bapak Pianus Enembe, sebelum meninggal, Bapak Lukas minta berdiri, kemudian Bapak Pianus membantu Pak Lukas untuk berdiri, dengan memegang pinggang Bapak Lukas, tidak lama berdiri, Bapak Lukas menghembuskan nafas terakhirnya," ujar Antonius dalam keterangan tertulis.

Masih dilansir dari media yang sama adik Lukas, Elius Enembe menyampaikan bahwa media akan dipulangkan ke Jayapura pada Rabu (26/12/2023) besok. 

KPK menghentikan pengusutan kasus Lukas Enembe. Hal tersebut disampaikan oleh wakil ketua KPK Johanis Tanak melalui keterangan tertulis.

"Dengan meninggalnya terdakwa, maka secara hukum pertanggungjawaban pidana terdakwa berakhir, tetapi dalam konteks perkara tindak pidana korupsi," terang Johanis, Selasa (26/12/2023).

"Dengan meninggalnya tersangka, maka hak menuntut, baik dalam perkara tipikor maupun TPPU berakhir demi hukum, tetapi negara masih mempunyai hak menuntut ganti kerugian keuangan negara melalui proses hukum perdata dengan cara mengajukan gugatan perdata ke pengadilan negeri," lanjutnya.

 Editor: Siti Mu'ayyadah 


TOPIK BERITA TERKAIT: #mantan-gubernur-papua #lukas-enembe #meninggal-dunia #kpk 

Berita Terkait

IKLAN