Minggu, 12 Mei 2024 07:08 WIB

Nusantara

Debat Capres Ketiga: Anies dan Ganjar Kompak Prabowo Perihal Pembelian Jet Tempur Bekas

Redaktur: Redaksi
| 61 views

Debat Pilpres Ketiga (Sumber Foto: YouTube/KPU RI)

Afiliasi.net - Debat pilpres 2024 yang ketiga telah usai diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta pada Minggu (7/1/2024) malam tadi. Pada debat kali ini menampilkan performa dari capres nomor urut 1 Anies Baswedan, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto, dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo.

Pada saat sesi debat berlangsung, Ganjar Pranowo dan juga Anies mempertanyakan terkait rencana Prabowo untuk membeli 12 jet tempur bekas dari Qatar. 

Diketahui bahwa Prabowo yang juga merupakan menteri Pertahanan RI saat ini, mendapat banyak kritikan keras setelah membeli 12 Jet Mirages 2000-5 bekas dari Qatar. Melansir CNBC Indonesia, adapun pengadaan tersebut dituangkan dalam Kontrak Jual Beli Nomor: TRAK/181/PLN/I/2023/AU, tanggal 31 Januari 2023.

Ganjar meminta penjelasan terkait perencanaan tersebut. Ia menilai pembelian pesawat bekas tersebut memiliki resiko yang tinggi bagi TNI.

"Kasihan prajurit, kalau pilotnya mesti dilatih 3 tahun dan pesawatnya bekas dan dia harus datang pelatihan lagi dengan risiko tinggi. Tentu itu sangat berbahaya," ujar Ganjar saat Debat Capres, Minggu (7/1/2024).

Ia juga berpendapat pengadaan Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia (Alutsista) memerlukan anggaran yang cukup. Sehingga ia menilai perlu adanya peningkatan ekonomi di Indonesia terlebih dahulu.

Tidak hanya Ganjar, Anies pun juga turut mengkritik Prabowo dengan isu yang sama. Ia juga mengingatkan agar belanja Alutsista dilakukan dengan bersih dan tidak melibatkan korporasi yang bermasalah.

"Dengan begitu maka bukan saja anggarannya efisien, tapi tidak bocor dalam belanja Alutsista," ujar Anies.

Anies memberikan solusi lain untuk meningkatkan kualitas alutsista di Indonesia dengan meningkatkan kualitas generasi baru yang memiliki ilmu dalam bidang tersebut. 

Bukan hanya memberikan kritik perihal pembelian alutsista, Anies juga menyebut Kemenhan saat ini masih belum mengatasi tantangan pertahanan Indonesia dalam persoalan serangan digital, perdagangan manusia, hingga narkoba.

Menanggapi kritikan dari capres lainnya, Prabowo yang merupakan capres 2024 dan juga menteri pertahanan saat ini menjelaskan perihal pembelian jet tempur bekas tersebut. Prabowo menjelaskan bahwasannya jangka umur pemakaian suatu jet tempur itu berkisar dari 25 hingga 30 tahun lamanya. Sedangkan, jet tempur yang masuk dalam perencanaan tersebut belum mencapai batas umur pemakaiannya.

"Jadi bukan soal bekas dan tidak bekas, tapi usia pakai atau kemudaan. Misalnya pesawat Mirage 2000-5 di Qatar itu usia pakainya masih 15 tahun," jelas Prabowo.

Ia juga menjelaskan, jika pesawat baru dapat beroperasi setelah tujuh tahun setelah proses pembuatan. Maka hal tersebut juga yang menjadi alasan dari pembelian pesawat tempur bekas tersebut.

Editor: Siti Mu'ayyadah 

 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #debat-capres #debat-pilpres #jet-tempur 

Berita Terkait

IKLAN