Senin, 29 April 2024 10:31 WIB

Lifestyle

Erotomania Viral di Media Sosial, Simak Penjelasan Berikut

Redaktur: Redaksi
| 67 views

Ilustrasi (Sumber Foto: Thinkstock)

Afiliasi.net - Belakangan ini muncul sebuah istilah yang viral di media sosial, Erotomania. Istilah tersebut viral setelah sebuah unggahan warganet yang mengaku dirinya mengidap erotomania.

Apakah Erotomania itu?

Erotomania adalah salah satu jenis gangguan delusi, yaitu keyakinan yang salah yang tidak dapat diubah oleh bukti yang bertentangan. Dalam kasus erotomania, orang yang mengalaminya memiliki keyakinan yang kuat bahwa orang lain, biasanya seseorang yang berstatus lebih tinggi, jatuh cinta padanya.

Melansir dari Very Well Mind, seorang psikoterapis Gary Tucker, menyebutkan, menurut penelitian, gangguan delusi ini terjadi pada 15 dari 100.000 orang per tahunnya. Dan perempuan berkemungkinan lebih besar untuk terdiagnosis gangguan tersebut dibandingkan laki-laki.

Melansir WebMD, Gejala utama erotomania adalah keyakinan salah bahwa seseorang tertarik, menyukai, atau mencintai diri pengidapnya. Dengan adanya keyakinan tersebut, pengidap akan merasakan kesenangan dan moodnya yang baik.

Keyakinan ini biasanya tidak dapat diubah oleh bukti yang bertentangan, bahkan jika orang yang diyakini mencintainya tersebut telah berulang kali menyangkalnya.

Pengidap erotomania seringkali memiliki interpretasi yang salah terhadap perilaku orang lain. Misalnya, mereka mungkin menginterpretasikan tatapan sederhana sebagai tanda cinta, atau mereka mungkin menginterpretasikan tindakan yang tidak disengaja sebagai tanda perhatian.

Laporan kasus erotomania menunjukkan media sosial bisa memperburuk atau memicu keyakinan delusi berkaitan dengan erotomania.

Media sosial memungkinkan orang untuk terhubung dengan orang-orang yang tidak dikenal, jadi tempat untuk mengamati, menghubungi, menguntit bahkan melecehkan. Nyaris tak ada privasi di media sosial sehingga aktivitas tersebut mudah dilakukan.

Jika merasa mengidap kelainan tersebut, atau mengetahui orang terdekat mengalami hal serupa, penting untuk menghubungi pihak profesional. Supaya, pengidap dapat menjalani hidupnya lebih baik.

Editor: Siti Mu'ayyadah 


TOPIK BERITA TERKAIT: #erotomania #viral-di-medsos #kelainan-jiwa 

Berita Terkait

IKLAN