Sabtu, 11 Mei 2024 12:09 WIB

Nusantara

Kerap Disebut Gibran Saat Debat, Berikut Profil Lengkap Tom Lembong

Redaktur: Redaksi
| 92 views

Potrait dari Tom Lembong (Katadata)

Afiliasi.net - Debat keempat Pilpres 2024 telah usai dilakukan Minggu (21/1/2024) malam tadi. Terdapat nama yang mencuri perhatian warganet karena sering disebut oleh cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka. 

Gibran menyebutkan nama Tom Lembong tepat usai cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyuarakan ketidakpuasannya ketika Gibran menjawab pertanyaannya. Adapun pertanyaan yang diberikan Cak Imin adalah perihal bioregional.

Gibran yang merasa jawabannya sudah tepat, menilai Cak Imin membawa pertanyaan contekan yang didapatkan dari Tom Lembong.

"Itu kan tadi sudah saya jawab Gus. Mungkin Gus Muhaimin juga tak paham dengan pertanyaan yang diberikan ke saya, mungkin itu kan dapat contekan dari Pak Tom Lembong," kata Gibran pada saat "Debat Keempat Pilpres 2024 berlangsung.

Kemudian Gibran kembali membawa nama ke dalam debat ketika dirinya mempertanyakan perihal LFP (lithium ferro-phosphate). Namun, dikarenakan Cak Imin merasa kurang jelas, sehingga dirinya meminta Gibran menjelaskan perihal LFP.

"Lithium ferro-phosphate, itu sering digaungkan Pak Tom Lembong itu," ucap Gibran.

Siapa Tom Lembong?

Ternyata Tom Lembong yang sering disebut oleh Gibran ini memiliki pengalaman sebagai bawahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Dirinya pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan. Kini dirinya berada di pihak capres nomor urut 1 Anies Baswedan sebagai wakil ketua tim nasional (Timnas) paslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

Mengutip dari detik.com, berikut ini profil dari Tom Lembong:

Nama lengkap: Thomas Trikasih Lembong

Tempat/ tanggal lahir: Jakarta/ 4 Maret 1971 (52 tahun)

Orang tua: Yohanes Lembong atau Ong Joe Gie (ayah) dan Yetty Lembong (ibu)

Pendidikan: Arsitektur dan Desain Perkotaan, Harvard University (Bachelor of Arts)

Kiprah profesional dan politik:

- 1995: Morgan Stanley Singapore Pte Ltd

- 1999-2000: Deutsche Securities Indonesia

- 2000-2002: Kepala divisi dan wakil presiden senior di Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN)

- 2002-2005: Farindo Investments

- 2006: Pendiri dan Chief Executive Officer di Quvat Management Pte Ltd

- 2012-2014: Presiden Komisaris PT Graha Layar Prima Tbk

- 2015-2016: Menteri Perdagangan RI

- 2023: Co-Captain Timnas AMIN di Pilpres 2024

Penghargaan

- Young Global Leader oleh World Economic Forum tahun 2008

- Asia Society Australia-Victoria Distinguished Fellowship tahun 2017

- Order of Diplomatic Service Merit, First Class Second Grade atau Gwanghwa Medal Korea Selatan tahun 2020

Tom Lembong menjabat sebagai Mendag pada tahun 2015 silam menggantikan Rahmat Gobel. Tidak berselang lama dirinya digantikan lagi oleh politikus Partai Nasdem Enggartiasto Lukita pada juli 2016. 

Kemudian Tom Lembong pindah ke kursi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Jabatannya sebagai Kepala BKPM kemudian digantikan oleh Bahlil Lahadalia pada Oktober 2019 lalu. 

Usai kepengurusannya di pemerintahan nasional, dirinya bergabung dengan Anies Baswedan yang saat itu menjadi Gubernur DKI Jakarta. Pada Agustus 2021, Tom Lembong diangkat menjadi Komisaris Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, salah satu BUMD Pemprov DKI Jakarta. Dia menjabat sebagai Komut sampai Februari 2023, kemudian digantikan oleh Sofyan Djalil, mantan menteri Jokowi juga.

Tom Lembong kini menjadi bagian dari Timnas AMIN sebagai co-kapten. Tom Lembong sebagai co-kapten Timnas AMIN diumumkan pada 14 November 2023.

Editor: Siti Mu'ayyadah 


TOPIK BERITA TERKAIT: #tom-lembong #debat-pilpres-2024 #debat-cawapres 

Berita Terkait

IKLAN