Selasa, 30 April 2024 02:42 WIB

Nusantara

Apresiasi Kinerja ASN di Samarinda, Pemkot Berikan Penghargaan Satyalencana Karya Satya Kepada 130 ASN

Redaktur: Redaksi
| 67 views

Wali Kota Samarinda, Andi Harun pada saat sambutan dalam acara penganugerahan ASN di lingkungan Pemerintah Kota Samarinda (Istimewa )

Samarinda, Afiliasi.net - Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Samarinda ke-356 dan Pemerintah Kota Samarinda ke-64, Pemerintah Kota Samarinda (Pemkot) melaksanakan acara Penganugerahan Satyalencana Karya Satya XXX (30), XX (20), dan X (10) tahun dari Presiden Republik Indonesia pada hari ini Selasa (30/1/2024)

Acara yang berlangsung di Hotel Fugo itu merupakan sebuah bentuk pengakuan dan apresiasi Pemkot terhadap kontribusi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Samarinda. Para ASN telah berhasil menunjukkan kesetiaan, pengabdian, kecakapan, kejujuran, dan kedisiplinan dalam melaksanakan tugasnya selama 10, 20, atau 30 tahun secara terus menerus.

Hal tersebut selaras dengan perkataan wali kota Samarinda, Andi Harun, yang memberikan apresiasi terhadap para ASN.

“Penghargaan ini diberikan sebagai suatu penghargaan selama mengabdi, juga peningkatan kualitas kinerja dan prestasi kerja sehingga dapat dijadikan teladan bagi para ASN yang lain,” ujar Andi Harun, Selasa (30/1/2024).

Atas penghargaan tersebut, ASN akan menerima simbol pengharapan dalam bentuk Satyalencana Karya Satya. Andi Harun menjelaskan, Satyalencana Karya Sastra ini diberikan kepada ASN dengan syarat tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang atau berat atau tidak pernah mengambil cuti di luar tanggungan negara.

Pemberian penghargaan Satyalencana Karya Sastra tersebut juga didasari oleh Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan. 

“Oleh karena Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2010 itulah, maka saudara-saudara sekalian berhak untuk menerima Penganugerahan Satyalencana Karya Satya dari Presiden Republik Indonesia,” jelasnya.

Adapun jumlah ASN yang mendapat penghargaan tersebut sebanyak 130 ASN. Terdapat 30 orang untuk kategori 30 tahun, 30 orang untuk kategori 20 tahun, dan 70 orang untuk kategori 10 tahun.

Andi Harun berharap dengan diberikannya pengharapan tersebut kepada para ASN yang terpilih, pencapaian tersebut menjadi motivasi bagi mereka. ASN diharapkan untuk terus meningkatkan performa dan etos kerja dalam meraih prestasi yang lebih baik lagi. 

Orang nomor satu Samarinda itu mengingatkan bahwa penghargaan ini merupakan hadiah istimewa yang bertepatan dengan Hari Jadi Kota Samarinda yang ke-356 dan Pemerintah Kota Samarinda yang ke-64.

Dirinya juga berharap agar setiap ASN di Lingkungan Pemerintah Kota Samarinda agar memberikan contoh teladan yang baik bagi lingkungan tempat mereka bekerja dalam bertingkah laku dan perbuatan. Ia juga mengimbau agar para ASN menjaga netralitas sebagai seorang abdi negara, terutama di tahun politik 2024 ini.

“Penghargaan ini bisa dimaknai sebagai bentuk apresiasi dan pembinaan untuk lebih memupuk kesadaran, kedisiplinan serta tanggung jawab penuh sebagai seorang abdi negara dan abdi masyarakat dalam kehidupan sosial,” tuturnya.

“Apalagi saat ini sudah masuk tahun politik 2024, maka marilah kita semua untuk dapat menjaga netralitas sebagai seorang Aparatur Sipil Negara sesuai dengan ikrar yang telah dilaksanakan,” tambahnya.

Ia berharap, para ASN yang menerima penghargaan ini dapat terus mengedepankan prinsip-prinsip kesetiaan, kejujuran, pengabdian, kedisiplinan, dan kecakapan dengan jauh lebih baik lagi, guna mendukung visi Samarinda Makin Maju dengan ditunjang sumber daya manusia yang unggul, berkompeten, berintegritas, mampu berdaya saing dan bermartabat.

Editor: Siti Mu'ayyadah


TOPIK BERITA TERKAIT: #andi-harun #walikota-samarinda #pemkot-samarinda #penghargaan-satyalencana-karya-sastra #asn-samarinda #asn 

Berita Terkait

IKLAN