Sabtu, 27 April 2024 06:33 WIB

Daerah

Resmikan Jalan Baru Penghubung Dua Kecamatan di Samarinda, Walikota Andi Harun Harapkan Dampak Positifnya kepada Masyarakat

Redaktur: Redaksi
| 138 views

Wali Kota Samarinda Andi Harun Resmikan Pembangunan Jalan Baru Penghubung Jalan Sultan Sulaiman menuju Jalan Merdeka Timur (Istimewa)

Afiliasi.net - Pembangunan jalan baru sebagi penghubung antara Jalan Sultan Sulaiman, Kecamatan Sambutan (Pelita 3) menuju Jalan Merdeka Timur, Kecamatan Sungai Pinang (Jalan Kuburan Cina) secara resmi telah dibuka pada Jumat (01/03/2024). Pembangunan jalan itu menjadi langkah untuk mengurangi kemacetan yang menjadi masalah di kota Samarinda, Kaltim.

Masyarakat kota Samarinda turut mengambil peran dalam pembangunan tersebut dengan menghibahkan tanahnya kepada pemerintah. Rupanya pembangunan jalan tersebut merupakan aspirasi dari masyarakat sekitar yang sejak lama telah disampaikan.

Hak tersebut disampaikan langsung oleh Wali Kota Samarinda Andi Harun ketika melakukan peresmian pembangunan Jalan itu. Dia menyampaikan banyak terima kasih kepada masyarakat yang terlibat dalam pembangunan tersebut.

"Jalan tembusan Merdeka-Sambutan akhirnya setelah bertahun-tahun bisa kita persembahkan hari ini," ungkap Andi Harun.

Orang nomor satu di Kota Samarinda itu menyebutkan dengan adanya jalan ini memberikan diharapkan akan memberikan dampak positif kepada masyarakat, seperti memudahkan mobilisasi barang dalam rangka mendukung kegiatan perekonomian masyarakat.

"Dampak tanah di sini akan bernilai ekonomis dengan dibukanya jalan ini. Bisa dilirik sebagai kegiatan investasi, misalnya perumahan atau kegiatan ekonomi lainnya. Jadi multiplier effect-nya sangat besar," ucapnya.

Tidak hanya itu, dengan adanya jalan penghubung itu, nantinya dapat mengurangi kemacetan yang menjadi masalah di perkotaan padat seperti Samarinda. Andi Harun mengatakan keberadaan jalan ini akan mengurai kemacetan yang kerap terjadi Jalan Otto Iskandar Dinata (Otista). Meski tidak signifikan, ia menyebut masyarakat yang ingin menuju daerah Sambutan atau Sungai Pinang dan sekitarnya kini memiliki alternatif jalan lain.

"Dengan ini semoga bisa menjadi jalan alternatif untuk mengurangi kemacetan, baik di sisi Sambutan, terutama Gunung Manggah dan Sungai Dama, maupun di sisi Sungai Pinang," tutur Andi Harun.

Dalam keterangannya, Andi Haru berpesan kepada masyarakat meski jalan baru tersebut boleh dilalui, Ia berharap agar masyarakat berhati-hati saat melintasi jalan tersebut, khususnya pada malam hari. Sebab, belum ada penerangan yang dipasang di sepanjang jalan tembusan Sambutan-Merdeka ini.

"Mudah-mudahan tahun ini bisa dipasangi lampu jalan," pungkasnya. 

Peresmian jalan baru sebagi penghubung antara Jalan Sultan Sulaiman, Kecamatan Sambutan (Pelita 3) menuju Jalan Merdeka Timur, Kecamatan Sungai Pinang (Jalan Kuburan Cina) dilakukan langsung oleh Wali Kota Samarinda Andi Harun dengan pemotongan pita sebagai simbolis. Pemotongan pita itu disaksikan langsung oleh Sekretaris Daerah, Asisten III, jajaran kepala OPD, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Samarinda, Camat Sambutan, Camat Sungai Pinang, dan seluruh tamu undangan yang hadir. (*)

Editor: Siti Mu'ayyadah 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #wali-kota-samarinda #andi-harun #peresmian-jalan-baru #samarinda 

Berita Terkait

IKLAN