Sabtu, 04 Mei 2024 07:44 WIB

Nusantara

Bulan Ramadhan Semakin Dekat, Berikut Jadwal Puasa 2024

Redaktur: Redaksi
| 86 views

Suasana Ramadhan (Pixabay)

Afiliasi.net - Sudah menjadi rutinitas tahuan bagi umat islam di seluruh dunia untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Bulan ini selalu dilewati oleh setiap muslim dengan melakukan ibada puasa serta ibadah-ibadah yang lainnya dengan pahala yang berlipat-lipat ganda.

Dilansir dari detikHikmah terdapat keutamaan dalam bulan Ramadhan yang bisa dijadikan motivasi umat islam untuk meningkatkan ibadahnya pada bulan tersebut. Keutamaan tersebut yakni:

1. Di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan yaitu malam lailatul qadar.

2. Ditutupnya pintu-pintu neraka.

3. Perbuatan sunnah pada bulan Ramadhan dinilai seperti tujuh puluh amalan fardhu di bulan selain Ramadhan.

4. Umrah pada bulan Ramadhan pahalanya setara dengan haji.

Untuk mengetahui hari pertama masuknya bulan Ramadhan, diukur dengan terlihatnya hilal di ufuk. Hal tersebut disampaikan oleh Yusuf Qardhawi dalam bukunya Mukjizat Puasa: Resep Ilahi Agar Sehat Ruhani-Jasmani.

 Abu Hurairah RA meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda, "Berpuasalah karena melihatnya (atau hilal) dan berbukalah karena melihatnya. Jika tidak terlihat oleh kalian, maka sempurnakan jumlah bulan Syaban 30 hari."

Nah berikut ini terdapat tiga jadwal hari pertama bulan Ramadhan menurut pemerintah, Nahdlatul Ulama (NU), dan Muhammadiyah.

Jadwal dari pemerintah dalam menetapkan malam pertama bulan Ramadhan setelah dilakukannya sidang isbat. Kementerian Agama Republik Indonesia akan melakukan sidang isbat pada 10 Maret 2024, dihelat di Auditorium H.M. Rasjidi Kementerian Agama, Jl. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat.

Dilansir dari laman Kemenag, sidang isbat ini akan dibagi menjadi tiga tahap.

Pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1445 H berdasarkan hasil hisab atau perhitungan astronomi. Pemaparan akan dilakukan Tim Hisab dan Rukyat Kemenag mulai pukul 17.00 WIB. Sesi ini nantinya akan terbuka untuk umum dan disiarkan secara live di Channel Youtube Bimas Islam.

Kedua, sidang isbat penetapan awal Ramadhan 1445 H yang akan digelar secara tertutup setelah salat Maghrib. Selain data hisab, sidang isbat juga merujuk pada hasil rukyatulhilal atau konfirmasi yang dilakukan tim Kemenag RI pada 134 lokasi di seluruh Indonesia.

Ketiga, konferensi pers hasil sidang isbat.

Meski begitu, merujuk pada kalender Hijriyah 1445 atau 2024 yang telah diterbitkan Kementerian Agama Republik Indonesia, awal puasa 2024 atau 1 Ramadhan 1445 H diperkirakan akan jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024.

Jadwal Puasa Ramadhan 2024 Nahdlatul Ulama (NU)

Dikutip dari Kajian Sains, Sosial, dan Keagamaan Ilmu Falak Multi Dimensi karya Tim Program Beasiswa Santri Berprestasi Kemenag RI, penentuan bulan Ramadhan, Syawal hingga Dzulhijjah Nahdatul Ulama atau NU tidak pernah berbeda dari pemerintah sejak tahun 1998.

Oleh karena itu, dalam penentuan awal Ramadhan inipun NU masih menunggu hasil sidang isbat dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

Jadwal Puasa Ramadhan 2024 Muhammadiyah

Berbeda dengan pemerintahan dan NU, Muhammadiyah telah menetapkan awal Ramadhan. Penentuan awal Ramadhan Muhammadiyah didasarkan hisab hakiki, yaitu metode hisab yang berpatokan pada gerak benda langit, khususnya Matahari dan Bulan faktual (sebenarnya).

Hasil keputusan Muhammadiyah mengenai awal Ramadhan ada pada Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah nomor 1/MLM/I.0/E/2024 yang telah ditandatangani pula oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Dr. H. Haedar Nashir, M.Si. Maklumat tersebut menyebutkan bahwa 1 Ramadhan 1445 H jatuh pada hari Senin Pahing, 11 Maret 2024.

Editor: Siti Mu'ayyadah 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #ramadhan #bulan-puasa #pemerintah #nahdlatul-ulama #muhammadiyah 

Berita Terkait

IKLAN