Kamis, 30 Mei 2024 05:41 WIB

Daerah

Andi Harun: Birokrasi dan Reformasi Bukan Tumpukan Kertas!

Redaktur: Redaksi
| 71 views

Wali Kota Samarinda, Andi Harun, saat memberikan ceramah Manajemen Kinerja pada kegiatan PKA angkatan 1 tahun 2024. (Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net – Lembaga Administrasi Negara (LAN) Samarinda menggelar Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) angkatan 1 tahun 2024 dengan mengusung tema "Manajemen Kinerja Menuju Birokrasi Kelas Dunia 2024" yang diadakan di Kampus Puslatbang KDOD Kota Samarinda pada Kamis, (14/3/2024).

Wali Kota Samarinda, Andi Harun turut hadir sebagai pemateri dalam pelatihan kepemimpinan ini. Ia menekankan bahwa PKA angkatan 1 merupakan wujud dari komitmen untuk memangkas dan menyederhanakan birokrasi.

Menurutnya, upaya tersebut penting guna mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan global yang sangat tinggi. Tak hanya mempersiapkan diri, Andi Harun mengajak ASN untuk mampu mengimplementasikan tuntutan yang diharapkan di era ini.

“Birokrasi dan reformasi ini bukan tumpukan kertas ya, masih banyak yang menyusun laporan hanya sebagai formalitas laporan administratif saja, pelatihan ini kita lakukan untuk bisa membawa proyek aksi perubahan untuk menyusun performance yang bagus,” tegasnya.

Orang nomor satu di Kota Samarinda itu juga mengatakan bahwa zaman sekarang pegawai dan kepala harus memiliki komitmen yang sama. Ia menegaskan tak boleh lagi ada perbedaan antara keduanya. Apalagi, selama dua tahun belakangan ini ia telah memberikan penghargaan kepada setiap kinerja pegawai yang terbaik, baik kinerja organisasi maupun kinerja individu.

"Kita sudah dua tahun ya membuat forum (untuk) memberikan penghargaan kepada pegawai yang punya kinerja baik, bisa dari kinerja organisasi dan individu, kita kasih PIN emas untuk ASN dan non ASN saya rasa itu salah satu bentuk komitmen pimpinan,” tuturnya.

Sebagai kepala daerah, ia menyatakan bahwa dirinya merupakan gambaran dari yang daerah yang dipimpinnya. Sebab, sekarang segala sesuatunya dinilai berdasarkan kinerja dan komitmennya terletak pada pimpinan daerah.

“Sekarang saya katakan bahwa pendekatan emosional untuk promosi suatu jabatan tertentu itu tidak ada, kita tidak mengenal KKN yang kita lihat kinerjanya. Di era kepemimpinan saya ini, saya katakan tegas itu bulshit,” tutup Andi Harun. (*)

Editor: Rafika


TOPIK BERITA TERKAIT: #andi-harun #wali-kota-samarinda #pemkot-samarinda #reformasi-birokrasi #asn #manajemen-kinerja #samarinda 

Berita Terkait

IKLAN