Senin, 06 Mei 2024 02:57 WIB

Advetorial

Dispora Kukar Bakal Gelar Sertifikasi Untuk EO Untuk Dukung Peningkatan SDM Dibidang Ekraf

Redaktur: Redaksi
| 11 views

Kabid K3 Dispora Kukar, Dery Wardhana (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Dalam rangka mendukung peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dibidang Ekonomi Kreatif (Ekraf), Dinas Pemuda dan Olahraga (Diapora) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) berencana menggelar sertifikasi Event Organizer (EO) pada tahun ini.

Kepala Dispora Kukar, Aji Ali Husni, melalui Kepala Bidang (Kabid) Kepemudaan, Kewirausahaan, dan Kepramukaan (K3), Dery Wardhana mengatakan. Sertifikasi ini diperuntukan khusus bagi mereka yang kerap terlibat dalam gelaran event-event musik dan kesenian namun belum memiliki legalitas.

Ia mengatakan, selama ini mereka telah sangat terorganisir dan memiliki rencana kerja yang tersusun. Bahkan, mereka telah menghimpun diri dalam komunitas dan sertifikasi ini telah mereka ajukan sejak tahun lalu.

"Sertifikasi ini penting ya, karena di Kukar ini banyak EO yang telah melaksanakan kegiatan tapi belum memiliki legalitas atau sertifikasi," ungkap Dery Wardhana, pada Kamis (14/3/2024).

Rencananya, sertifikasi ini akan diikuti oleh 40 orang peserta dan dilaksanakn belerjasama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Kalimantan Timur (Kaltim). Dery mengatakan, sertifikasi ini dipandang perlu, karena memang belakanga industri kreatif dibidang pentas pertunjukan musik sedang ramai di Kaltim.

"Target sertifikasi tahun ini adalah 40 orang yang telah aktif di dunia musik, tetapi belum memiliki legalitas. Kami bekerja sama dengan BNSP Kaltim khusus untuk EO yang terlibat dalam event musik dan kesenian," tambahnya.

Meski dalam sub sektor Ekonomi Kreatif (Ekraf), penyelenggara pertunjukan seni musik belum memiliki keharusan untuk memiliki sertifikat dari BNSP. Namun, sertifikasi ini dapat memudahkan para pelaku ekonomi kreatif dalam mencari pekerjaan.

"Kami berharap dapat menyelaraskan jadwal dengan badan sertifikasi provinsi agar mereka dapat segera mendapatkan sertifikasi pada tahun ini," pungkasnya. (Adv)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #ekonomi-kreatif #sdm #pemuda #industri-kreatif #seni 

Berita Terkait

IKLAN