Kamis, 30 Mei 2024 04:38 WIB

Daerah

Gelar Buka Puasa Bersama Insan Pers, Andi Harun Ingatkan Jurnalis Bisa Jadi Pemersatu atau Pemecah Belah

Redaktur: Redaksi
| 56 views

Wali Kota Samarinda, Andi Harun, saat buka puasa bersama dengan awak media di Musala Ar-Raudah, Balai Kota Samarinda, Minggu 31 Maret 2024. (Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Wali Kota Samarinda, Andi Harun, menggelar acara silaturahmi dan buka puasa bersama dengan insan pers di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda. Acara yang diikuti puluhan wartawan ini berlangsung di Musala Ar-Raudah, Balai Kota Samarinda, pada Minggu (31/3/2024).

Dalam sambutannya, Andi Harun berterima kasih atas kontribusi positif awak media yang telah membantu mensosialisasikan hasil kegiatan pembangunan di Samarinda.

"Dengan kontribusi teman-teman media kita terus bisa mendapatkan infromasi juga dari masyarakat yang kita luput amati, contoh seperti adanya jalan rusak, titik banjir," ungkapnya.

Orang nomor satu di Kota Samarinda itu juga mengingatkan bahwa profesi jurnalis memiliki tanggung jawab besar dalam menyampaikan informasi yang akurat dan berimbang.

“Profesi jurnalis bisa menjadi sebagai sarana dakwah. Namun, bisa juga sebaliknya, jika tidak hati-hati maka bisa menjadi ladang dosa,” tutur pria kelahiran Bone, Sulawesi Selatan itu.

"Pilihannya ada di kita. Kita mau menjadikan profesi kita sebagai sarana dakwah kebaikan atau kita ingin jadikan profesi kita sebagai jalan untuk ke neraka," sambungnya.

Politikus Partai Gerindra itu juga mengingatkan bahwa profesi jurnalis bisa menjadi pemersatu masyarakat atau sebaliknya, menjadi pemecah belah.

"Tergantung dari sudut pandang mana dan bagaimana ia menuliskan berita-berita. Pena itu sangat tajam, jadi karena pena sangat tajam maka kita harus bijaksana menggunakannya," pesannya.

Terakhir, Andi Harun berharap para wartawan bisa menghasilkan produk jurnalistik yang mampu memperluas wawasan masyarakat.

"Wartawan tidak hanya tunduk pada kaidah jurnalistik yang kaku, tetapi juga mengembangkan reportase atau tulisan-tulisan jurnalistik yang bisa mencerahkan masyarakat pembaca," pungkasnya. (*)

EditorL Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #andi-harun #wali-kota-samarinda #pemkot-samarinda #jurnalis #wartawan 

Berita Terkait

IKLAN