Sabtu, 13 Juli 2024 06:04 WIB

Daerah

Profil Iffa Rosita, Srikandi Kalimantan Timur yang Bakal Gantikan Hasyim Asy'ari Sebagai Ketua KPU

Redaktur: Redaksi
| 63 views

Profil Iffa Rosita. (Ist)

Afiliasi.net - Sosok Iffa Rosita digadang-gadang akan menjadi Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggantikan Hasyim Asy'ari yang dipecat Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) lantaran terbukti melakukan tindak asusila terhadap seorang anggota PPLN Den Haag.

Usai Hasyim Asy'ari meninggalkan jabatannya, kursi Ketua KPU kini kosong. Namun, DPR RI telah menyiapkan sosok pengganti Hasyim. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Ketua Komisi II DPR, Yanuar Prihatin dalam keterangannya, Rabu (3/7/2024).

Wakil Ketua Komisi II DPR, Yanuar Prihatin dalam keterangannya, Rabu (3/7/2024) mengungkap pihaknya telah menyiapkan nama pengganti Ketua KPU.

Dua sosok yang disinyalir akan menggantikan Hasyim Asy'ari adalah Viryan Azis dan Iffa Rosita. Keduanya memenuhi fit and proper test komisioner KPU pada tahun 2022, sehingga berhak menggantikan Hasyim Asyari bila sewaktu-waktu dicopot, sesuai dengan ketentuan UU No. 2 Tahun 2007 tentang Penyelenggara Pemilu.

Namun, Viryan Azis telah meninggal dunia pada 21 Mei 2022. Oleh sebab itu, kandidat kuat yang akan mengisi kursi Ketua KPU kini adalah Iffa Rosita.

Lantas, siapa Iffa Rosita dan seperti apa rekam jejaknya? Berikut Afiliasi.net rangkum dari berbagai sumber.

Iffa Rosita adalah perempuan kelahiran Samarinda, 30 April 1979. Ia merupakan nggota KPU Kaltim terhitung sejak tahun 2019. Sebelumnya, Iffa menjadi anggota KPU Bontang 2014-2019.

Iffa Rosita mengawali kariernya sebagai pegawai honorer di berbagai instansi, beberapa di antaranya yakni Dinas Kesehatan (KPAD) dan Kantor Pemberdayaan Masyarakat Pemkot Bontang.

Iffa Rosita cukup aktif di sejumlah organisasi di antaranya, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Bontang, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Bontang, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Bontang, hingga Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Bontang.

Dosen di STIE Muhammadiyah Samarinda ini merupakan salah satu tokoh perempuan ternama Muhammadiyah. Ia aktif sebagai Pengurus Daerah Aisyiyah Kota Bontang dan pernah menjadi Ketua Bidang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Samarinda.

Iffa mengikuti tes Ketua KPU atas usulan pihak Muhammadiyah yang diwakili oleh anggota Komisi II dari PAN Guspardi. Guspardi menyarankan Iffa masuk ke jajaran komisioner KPU-Bawaslu 2022-2027 untuk mewakili keterlibatan tokoh Muhammadiyah. (*)

Editor: Rafika


TOPIK BERITA TERKAIT: #iffa-rosita #pengganti-hasyim-asyari #hasyim-asyari-dipecat #ketua-kpu-yang-baru 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler