Minggu, 08 September 2024 09:52 WIB

Daerah

HUT RI ke-79 Kian Dekat, Intip Deretan Prasarana di IKN yang Sudah Siap untuk Upacara 17 Agustus

Redaktur: Redaksi
| 124 views

Presiden Jokowi cek IKN Nusantara (Vico - Biro Pers Sekretariat Presiden).

Afiliasi.net - Pembangunan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur terus dikebut. Mengingat upacara HUT Ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 mendatang akan digelar di lapangan Istana Negara IKN.

 

Selain upacara HUT kemerdekaan, pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) gelombang pertama ke IKN akan mulai dilakukan pada September 2024.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menuturkan sudah ada sejumlah prasarana yang siap digunakan di IKN dalam rangka menyambut upacara 17 Agustus.

Lantas, apa saja prasarana di IKN yang telah siap?

1. Jalan Tol

Pengerjaan jalan tol untuk akses masuk ke wilayah IKN terus dipersiapkan guna memaksimalkan akses ke IKN saat upacara 17 Agustus. Jalan tol tersebut rencananya akan mulai difungsikan pada Agustus mendatang.

"Kami menyiapkan prasarananya jalan tol yang menuju ke sana, kita akan coba fungsikan Agustus nanti," kata Menteri PUPR Basuki, dikutip dari akun Instagram SuaraKaltim.id, Rabu (17/07/2024).

2. Hunian

Selain tol, Basuki menyebut prasarana hunian untuk menunjang upacara kemerdekaan di IKN sudah siap digunakan. Plt Kepala Otorita IKN itu mengatakan 12 dari 47 tower akan difungsikan sebagai hunian para petugas upacara di IKN.

"Lalu ada hunian, ada 12 dari 47 tower yang kita bangun untuk ASN, Hankam, Kepolisian. 12 sudah siap pakai untuk membantu petugas-petugas upacara, setelah itu baru untuk ASN," ujar Basuki. (*)

Editor: Rafika

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #ikn #ibu-kota-nusantara #prasarana-ikn #upacara-17-agustus-ikn #jokowi 

Berita Terkait

IKLAN