Selasa, 17 September 2024 03:42 WIB

Daerah

Kukar Sabet Penghargaan Tokoh Daerah dalam Pemberdayaan Ekonomi Kreatif dan UMKM

Redaktur: Redaksi
| 80 views

Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, menerima Penghargaan Tokoh Daerah dalam Pemberdayaan Ekonomi Kreatif dan UMKM dari iNews Media Group Jakarta. (Ist)

Jakarta, Afiliasi.net - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional dnegan meraih penghargaan Pemimpin Award 2024 Kategori Tokoh Daerah Dalam Pemberdayaan Ekonomi Kreatif dan UMKM, yang diselenggarakan oleh iNews Media Group Jakarta. 

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, dan diterima langsung oleh Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, di Jakarta Concert Hall, Lantai 14 iNews Tower Jakarta, Kamis (8/8/2024) malam.

Ditemui usai kegiatan, Rendi Solihin mengapresiasi penghargaan yang diberikan oleh iNews Award 2024 ini. Menurutnya, penghargaan ini merupakan bukti nyata dari komitmen Pemkab Kukar dalam memajukan ekonomi kreatif dan UMKM di daerah.

“Alhamdulillah penghargaan ini sekaligus kado terindah untuk masyarakat, pelaku ekonomi kreatif dan UMKM Kukar,” ujarnya.

Rendi mengatakan penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi jajaran Pemkab Kukar sebagai mitra strategis pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) menuju Indonesia Emas 2025.

Untuk itu, seluruh infrastruktur dan sumber daya manusia di Kukar terus ditingkatkan untuk menyambut kehadiran IKN.

Terkait dengan UMKM, berbagai program inovatif telah digulirkan, seperti Kredit Kukar Idaman yang memberikan akses mudah bagi pelaku UMKM terhadap modal usaha tanpa agunan dan bunga 0%. Pemkab Kukar juga rutin memberikan bantuan berupa peralatan, mesin, alat produksi, dan rombong jualan.

Hasilnya pun tak sia-sia, saat ini terdapat sekitar 60.000 UMKM di Kukar yang terus berkembang dan berkontribusi pada perekonomian daerah.

“Sehingga mereka bisa bersaing dikancah nasional dan menunjukan bahwa Kukar juga punya kekayaan dari ekonomi kreatif," jelas Rendi Solihin.

Sementara itu, Hary Tanoesoedibjo Executive Chairman MNC Group, mengatakan Penghargaan Pemimpin Daerah Award 2024 merupakan bentuk apresiasi iNews terhadap pemimpin berprestasi.

Sebagai televisi berita nomor satu di Indonesia, iNews TV ingin mengangkat teladan kepemimpinan di tingkat daerah yang mampu meraih prestasi berupa hasil maupun inisiatif yang luar biasa dalam berbagai bidang.

Ada 8 (delapan) kategori apresiasi Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota yang diberikan yaitu meliputi Pelayanan Publik, Reformasi Birokrasi, Percepatan Pembangunan, Peningkatan Ekonomi Daerah, Kerjasama Strategis, Inovasi Daerah, Pengembangan Pariwisata dan Tokoh Daerah. (*)

Editor: Rafika


TOPIK BERITA TERKAIT: #kukar #pemkab-kukar #rendi-solihin #wabup-kukar #kutai-kartanegara #kukar-idaman #inews-tv 

Berita Terkait

IKLAN