Minggu, 15 September 2024 05:06 WIB

Nusantara

Dear Pelamar CPNS 2024, Jangan Lakukan Kesalahan Ini Jika Tak Ingin Gugur Seleksi Administrasi

Redaktur: Redaksi
| 160 views

Ilustrasi CPNS. (Sumber: Menpan.go.id)

Afiliasi.net - Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) telah dibuka sejak 20 Agustus hingga 6 September 2024 mendatang.

Pada tahun ini, formasi CASN untuk Instansi Pusat tersedia dengan total 427.650. Adapun total formasi tersebut dibagi untuk CPNS sebanyak 130.414 formasi dan PPPK sebanyak 297.236 formasi.

Sedangkan formasi CASN Instansi Daerah tahun 2024 ini tersedia untuk nakes (tenaga kesehatan), guru, tenaga teknis dan teknik. Adapun formasi CASN untuk Instansi Daerah ini totalnya ada 862.174 formasi yakni untuk CPNS sebanyak 148.013 formasi dan PPPK sebanyak 714.161 formasi.

Bagi kamu yang berminat mendaftar menjadi calon abdi negara, wajib hindari hal-hal ini di bawah ini agar tidak gagal dalam seleksi CPNS 2024.

Pastikan Sesuai dengan Persyaratan

Melalui akun Instagramnya, BKN mengingatkan syarat umum pelamar CPNS 2024, yakni berstatus WNI yang berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun, kecuali jabatan tertentu, seperti dokter spesialis. Kemudian, pelamar tidak pernah dipidana dan tidak pernah melakukan atau terlibat pelanggaran seleksi.

Pelamar juga tidak boleh berstatus CPNS/PNS serta prajurit TNI atau Polri dan tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat sebagai CPNS/PNS, TNI atau Polri serta pegawai swasta. Selain itu, pelamar tidak boleh terlibat atau menjadi anggota partai politik dan tidak terlibat politik praktis.

Kesalahan Mengisi Data

Proses seleksi CPNS terdiri dari beberapa tahapan penting yang harus dipahami dengan baik oleh setiap pelamar. Tahapan pertama adalah seleksi administrasi, di mana berkas-berkas penting seperti ijazah, transkrip nilai, dan KTP diperiksa untuk memastikan kelengkapan dan kesesuaian dengan persyaratan yang ditetapkan.

Kesalahan dalam pengisian data pada tahap seleksi administrasi bisa berakibat fatal, termasuk diskualifikasi langsung dari proses seleksi. Oleh karena itu, pastikan semua dokumen yang diperlukan, seperti ijazah, transkrip nilai, KTP, dan dokumen pendukung lainnya telah sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan.

Perhatikan juga ejaan nama, nomor identitas, dan data pribadi lainnya agar tidak terjadi kesalahan. Selain itu, penting juga bagi para pelamar untuk memastikan format dan ukuran file yang diunggah sudah sesuai dengan ketentuan.

Menggunakan E-Materai dari Sumber Tidak Resmi

Hal yang wajib diperhatikan oleh para pelamar adalah e-materai yang dicantumkan pada surat pernyataan dan surat lamaran. Pelamar tidak boleh menggunakan e-materai dari sumber yang tidak resmi.

Pastikan untuk membeli e-materai melalui saluran resmi e-materai untuk CASN 2024 di materai-elektronik.com. (*)

Editor: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #cpns #cpns-2024 #kesalahan-daftar-cpns 

Berita Terkait

IKLAN