Kamis, 10 Oktober 2024 03:28 WIB

Manca

Maggie Smith, Pemeran Professional McGonagall Dalam Film Harry Potter Tutup Usia di 89 Tahun

Redaktur: Redaksi
| 48 views

Maggie Smith saat memerankan Professor McGonagall Dalam Film Harry Potter (Internet)

Afiliasi.net - Maggie Smith, bintang dari film Harry Potter dan serial Downton Abbey, telah meninggal dunia pada usia 89 tahun. Dilansir dari Enews, Keluarganya mengonfirmasi kabar duka ini pada 27 September 2024, menyatakan bahwa Smith meninggal dengan damai di rumah sakit setelah beberapa hari dirawat di Chelsea and Westminster Hospital.

Lahir sebagai Margaret Natalie Smith pada 28 Desember 1934, karier aktingnya yang berlangsung selama puluhan tahun dimulai saat remaja. Ia terlibat dalam berbagai produksi teater, termasuk di The Old Vic di London, dan menjadi salah satu anggota awal Royal National Theatre. Smith dianugerahi gelar Dame oleh Ratu Elizabeth II pada tahun 1990 atas kontribusinya terhadap seni.

Selain teater, Smith dikenal atas penampilannya dalam sejumlah film terkenal seperti Sister Act,  Gosford Park, dan The Best Exotic Marigold Hotel. Ia memenangkan dua penghargaan Oscar, termasuk untuk perannya dalam The Prime of Miss Jean Brodie dan California Suite. Namun, peran yang paling dikenang adalah sebagai Profesor Minerva McGonagall dalam seri Harry Potter dan Violet Crawley di Downton Abbey.

Meskipun memiliki karier yang cemerlang, Smith menjalani kehidupan pribadi yang tenang dan menghindari sorotan publik. Ia menikah dua kali dan meninggalkan dua anak, Chris Larkin dan Toby Stephens, serta lima cucu. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #maggie-smith #harry-potter #prof-mcgonagall #meningg-dunia #aktris 

Berita Terkait

IKLAN