Jumat, 18 Oktober 2024 11:19 WIB

Daerah

Polres Kutai Kartanegara Gelar Apel Operasi Zebra Mahakam 2024

Redaktur: Redaksi
| 18 views

Apel pagi Polres Kukar (Istimewa)

Afiliasi.net - Kutai Kartanegara,Polres Kutai Kartanegara melaksanakan Apel Gelar Pasukan untuk Operasi Zebra Mahakam 2024 pada Senin, 14 Oktober 2024, di Lapangan Polres Kutai Kartanegara. Kegiatan ini bertujuan memastikan kelancaran pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih serta meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap tertib berlalu lintas.


Apel ditandai dengan penyematan tanda kepada para peserta operasi, menandakan dimulainya kegiatan. Hadir dalam apel ini sejumlah pejabat, termasuk Dandim 0906/Kkr Letkol (CZI) Damai Adi Setiawan, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Kutai Kartanegara, serta perwakilan dari Kejaksaan, Pengadilan, Dinas Perhubungan, dan Satpol-PP.

 
Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Heri Rusyaman menjelaskan bahwa apel ini dilakukan untuk memastikan kesiapan personel dan sarana pendukung. Ia juga memaparkan bahwa pada Operasi Zebra Mahakam 2023, terjadi peningkatan kecelakaan lalu lintas sebesar 186%, dengan 20 kejadian, dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 7 kejadian. Namun, korban meninggal dunia menurun dari 5 orang pada 2022 menjadi 4 orang pada 2023.

 
Selain itu, jumlah pelanggaran lalu lintas pada 2023 mencapai 4.590 kasus, terdiri dari 1.219 tilang dan 3.371 teguran, naik dibandingkan tahun sebelumnya yang mencatatkan 3.802 pelanggaran.

 
Operasi Zebra Mahakam 2024 akan fokus pada penegakan hukum lalu lintas, terutama penggunaan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile dan penanganan delapan prioritas pelanggaran. Fokus utamanya adalah pelanggaran seperti penggunaan ponsel saat berkendara, pengendara di bawah umur, serta pengendara yang tidak memakai helm atau sabuk pengaman.

 
Kapolres Heri menekankan pentingnya kolaborasi antara seluruh pemangku kepentingan untuk menciptakan situasi lalu lintas yang aman dan nyaman. Dukungan dari berbagai pihak diperlukan untuk menyukseskan Operasi Zebra Mahakam 2024 ini.(*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #apel-pagi #polres-kukar #operasi-zebra 

Berita Terkait

IKLAN