Kamis, 09 Mei 2024 11:25 WIB

Daerah

Vaksin Covid-19 Tiba, Ketua IDI Kaltim Pastikan Aman

Redaktur: M. Yusuf
| 2.394 views

25 Ribu dosis Vaksin Covid-19 saat tiba di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

Samarinda, Afialiasi.net - Vaksin Sinovac yang dibagikan untuk di Kalimantan Timur (Kaltim) telah diletakan di Gudang Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim, Selasa (5/1/2021) siang.

Diketahui bahwa vaksin tersebut untuk di Kaltim berjumlah 25.520 dosis Vaksin Sinovac, yang dipreoritaskan kepada Tenaga Kesehatan (Nakes) yang ada di Kaltim.

Diungkapkan oleh Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kalimantan Timur (Kaltim), dr Nataniel Tandirogang bahwa vaksin tersebut sangat aman. Karena berbahan Protein Virus atau Protein Rekombinan.

"Itu berbahan protein virus atau protein rekombinan. Jadi sangat aman sekali," ungkapnya saat diwawancarai, melalui sambungan telepon, Selasa (5/1/2021) siang.

Ia melanjutkan, secara ilmiah Vaksin Sinovac lebih aman dibandingkan dengan vaksin Covid-19 jenis lainnya.

Namun protein remkombinan itu memiliki kelemahan, yakni efeksinya rendah, dalam artian kemampuannya untuk merangsang imun itu rendah.

"Sinovac ini disebut paling rendah efekasi, tapi jauh lebih aman," ujarnya.

Sehingga, walaupun orang tersebut sudah divaksin dengan vaksin sinovac itu, masih memungkinkan untuk tertular virus corona, karena efeksinya yang rendah tersebut.

Sehingga ia menekankan bahwa yang sangat membantu pemberhenyian penyebaean Covid-19, dengan cara menerapkan protokol kesehatan.

"Makanya sekali lagi kali saya menyampaikan, bahwa vaksin tidak meyelesaikan persoalan. Tetapi salah satu cara untuk membantu persoalan, protokol kesehatanlah yang paling utama," tutupnya, mengakhiri pembicaraan dengan awak media.

Editor : M. Yusuf


TOPIK BERITA TERKAIT: #vaksin-covid19 #idi-kaltim #dr-nataniel-tandirogang #vaksin-sinovac #bandara-sams-sepinggan 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler