Senin, 06 Mei 2024 04:26 WIB

Ekonomi dan Bisnis

Vaksinasi Covid-19 dan Kondisi Politik Amerika Pengaruhi Investasi Global

Redaktur: M. Yusuf
| 2.284 views

Ilustrasi. (Sumber: Istimewa)

Afiliasi.net - Vaksinasi di Indonesia udah dimulai, hal ini ternyata membuat sejumlah investor berharap ada kenaikan pasar yang lebih tinggi. Dibalik itu semua, ada sejumlah kebijakan yang diprediksi kuat mempengaruhi investasi global maupun nasional.

Kondisi politik Amerika sangat diperhatikan investor global, kebijakan pemerintah AS berpengaruh besar ke pasar. Menjelang pergantian presiden baru AS, kondisi sepekan terakhir diwarnai ketidakpastian akibat isu penggulingan presiden Donald Trump. Isu ini masih berpotensi membuat kondisi pasar kurang kondusif dalam beberapa hari kedepan.

Sementara, presiden baru yang akan dilantik akhir pekan ini, bisa memberikan harapan ke pasar dengan rencana tambahan stimulus hingga 1,9 Triliun Dollar Amerika. Termasuk di dalamnya usulan untuk menaikan gaji minimum warga AS hingga 100%. Meski belum tentu terealisasi sempurna, rencana ini menjadi sentimen positif pasar dalam jangka pendek.
 

Dimulainya Vaksinasi Nasional

Vaksin Sinovac akhirnya siap digunakan. Presiden Jokowi jadi yang pertama divaksin pekan lalu untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat soal keamanan vaksin tersebut.

Namun, belum diketahui apakah vaksin akan memberikan dampak positif pada pengurangan kasus infeksi nantinya. Mengingat, kemanjuran Sinovac hanya sekitar 65% berdasarkan hasil uji coba.

Penambahan kasus harian sudah mencapai 14 ribu orang. Jadi, investor boleh punya harapan dengan berjalannya vaksin ini, namun tetap harus berhati-hati mengingat hasil akhir yang belum pasti.

Pembangunan Indonesia jadi Prioritas

Berdasarkan APBN yang disusun pemerintah untuk 2021, selain difokuskan pada bantuan sosial selama masa pemulihan ekonomi, pemerintah juga fokus untuk menggenjot infrastruktur. Ini terbukti dari anggaran untuk infrastruktur yang naik sampai 50% dari 2020.

Pembangunan infrastruktur akan menjadi pendukung SWF (Sovereign Wealth Fund) Indonesia yang sekarang sedang disiapkan untuk dimulai pada akhir Januari. Dengan SWF ini, maka investor asing akan diberi peluang untuk berinvestasi langsung di Indonesia, sehingga turut memperbesar perekonomian.

Sentimen positif tersebut menjadikan pasar keuangan Indonesia jadi lebih menarik, bukan hanya untuk investor asing, namun juga investor lokal. Ini bisa jadi salah satu faktor pendukung pasar di 2021.


TOPIK BERITA TERKAIT: #sovereign-wealth-fund #pasar-saham #vaksinasi-covid-19 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler