Kamis, 16 Mei 2024 04:50 WIB

Daerah

Kabar Baik, Kasus Konfirmasi Sembuh Covid-19 di Kaltim Meningkat Dalam Dua Hari

Redaktur: M. Yusuf
| 2.386 views

dr Padilah Mante Runa, Kepala Dinas Kesehatan Kaltim, Rabu (3/3/2021)

Samarinda, Afiliasi.net - Dalam dua hari ini (2-3 Maret 2021), ada 1.037 pasien Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh atau selesai isolasi di Bumi Mulawarman.

Sementara kasus terkonfirmasi baru dalam dua hari hanya bertambah 659 kasus. Kabar ini menjadi angin segar dalam upaya menekan laju peneybaran virus Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kaltim, dr Padilah Mante Runa mengungkap tingginya angka kesembuhan pasien Covid-19 dibanding kasus terkonfirmasi baru, merupakan dampak dari maksimalnya proses tracing dan testing di masyarakat.

"Itu sangat bagus sekali, istilahnya tracing dan testing kita berhasil. Cepat didiagnosa, kemudian diterapi, lalu dirawat atau isolasi mandiri," kata dr Padilah, Rabu (3/3/2021).

Selain itu, kesadaran masyarakat untuk melakukan pemeriksaan mandiri, turut memaksimalkan pencarian kasus Covid-19 baru.

"Kesadaran masyarakat kita udah cukup baik, dan tindakan rumah sakit dan petugas satgas di lapangan cukup baik," sambungnya.

dr Padilah juga mengapresiasi proses PPKM mikro. Adanya posko Covid-19 di tingkat RT pada akhirnya melibatkan warga untuk memonitor di lingkungan masing-masing.

"Satgas sudah ada di lingkungan RT, kasus akan cepat ditemukan, bila sudah ditemukan akan dimonitor taat melakukan isolasi mandiri," tegasnya.

Hingga saat ini total kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kaltim mencapai 56.487 kasus, sementara pasien sembuh mencapai 48.691 orang. Sementara itu, sebanyak 6.458 pasien masih menjalani perawatan dan isolasi mandiri di rumah sakit. (tim redaksi Afiliasi)


TOPIK BERITA TERKAIT: #dinkes-kaltim #pemprov-kaltim #update-covid-19 

Berita Terkait

IKLAN