Senin, 20 Mei 2024 06:23 WIB

Daerah

Varian Virus B117 Ditemukan di Balikpapan, Satgas Sigap Lakukan Tracing

Redaktur: M. Yusuf
| 2.231 views

Rilis harian kasus Covid-19 di Balikpapan

Balikpapan, Afiliasi.net - Seorang pria asal Balikpapan yang bekerja sebagai TKI di Arab Saudi yang baru saja pulang dinyatakan positif virus B117 atau yang dikenal virus asal Inggris.

Pemerintah Kota Balikpapan yang menerima kabar tersebut pada Minggu (6/3/2021) lantas terkejut. Karena sebelumnya, pasien telah menjalani rangkaian pemeriksaan Covid-19 dan melakukan isolasi sesaat setelah mendarat di Jakarta.

Dijelaskan oleh Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, bahwa pasien yang bekerja di sektor migas ini melakukan perjalanan dari Arab Saudi bersama dengan pasien positif B117 yang terkonfirmasi di Karawang, Jawa Barat.

“Sudah karantina dan tes Covid-19, hasilnya negatif. Jadi boleh pulang ke Balikpapan pada 21 Februari. Tapi ternyata tes B117 ini menunjukkan hasil positif. Karena sudah pulang ke Balikpapan, maka tim Kemenkes datang ke sini,” ungkap Rizal.

Perluasan pemeriksaan pun dilakukan kepada orang-orang di sekitar pasien. Setidaknya terdapat 14 orang yang diperiksa mulai dari empat anggota keluarga, tujuh orang di lingkungannya, dua orang yang positif Covid-19 di sekitar rumahnya pada tanggal 21 Februari ke atas, dan satu pelaku perjalanan saat bertolak dari Jakarta ke Balikpapan.

Rangkaian pemeriksaan yang dilakukan pun berupa rapid test antibodi, rapid test antigen, Swab PCR dan pengambilan serum untuk tes DNA B117, dan hasilnya harus menunggu dua minggu.

“Hasilnya belum karena hasilnya harus dikirim ke Jakarta dan hasil serumnya diketahui dua minggu,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) dr Andi Sri Juliarty menjelaskan bahwa semua orang yang dilakukan pemeriksaan setelah kontak dengan pasien pun dalam kondisi sehat.

Namun jika hasil dari Jakarta menyatakan positif, maka dari Kemenkes akan mengirimkan bantuan tenaga untuk penanganan virus baru ini.

“Tetapi Kepala Labkesda Kaltim menyatakan bahwa mereka siap jika diberi amanah dari pusat untuk melakukan pemeriksaan. Karena mungkin akan meluas tracingnya jika ada yang positif,” ungkapnya.

Untuk itu, Satgas Covid-19 Balikpapan terus melakukan pengawasan terhadap semua orang yang telah diperiksa. Meski tidak ada perbedaan pola pengawasan, namun jika hasil tracing menyatakan ada yang positif tentu Satgas Balikpapan akan menindaklanjuti hal tersebut berdasarkan petunjuk Kemenkes.

Karena hingga saat ini, belum ada kajian ilmiah mengenai virus B117, sehingga pola penanganan dan pencegahannya masih sama dengan virus Covid-19.


TOPIK BERITA TERKAIT: # 

Berita Terkait

IKLAN