Senin, 20 Mei 2024 05:56 WIB

Daerah

Tanjakan Golf Kariangau Rusak Parah, Lurah Kariangau Sebut Sudah Melapor ke Dinas PU Provinsi

Redaktur: M. Yusuf
| 2.295 views

Caption: Kondisi tanjakan yang rusak parah, sejumlah kendaraan harus pelan-pelan ketika melewati tanjakan tersebut

Balikpapan, Afiliasi.net - Sejumlah warga mengeluhkan rusaknya tanjakan di bawah gerbang Lapangan Golf, Kariangau, Balikpapan Barat.

Tidak jarang banyak truk-truk yang tidak kuat menanjak, amblas bahkan sampai terbalik akibat jalanan yang rusak parah. Selain karena medan jalan yang rusak, kelihaian sopir pun menjadi salah satu faktor truk-truk besar kerap terbalik.

Salah satu warga yang berjualan tidak jauh tanjakan tersebut, Yulia, menjelaskan dalam sebulan banyak sekali kejadian di tanjakan tersebut baik tidak kuat menanjak, amblas, maupun terbalik.

“Biasanya sopir tidak tahu medannya. Tapi motor-motor juga sering tergelincir di situ,” kata Yulia saat ditemui Afiliasi.net, Selasa 16 Maret 2021.

Ia menerangkan, tanjakan tersebut telah rusak sejak tahun 2020, dan sampai sekarang makin parah sebab selalu dilewati truk-truk besar. Terlebih, kawasan Kariangau merupakan kawasan industri.

Truk-truk yang biasanya melintas, kata Yulia, harus mengantri dulu. Baik dari arah Km 5 maupun arah Kariangau.

“Yang dari arah Kariangau mereka harus ngantri juga, kalau ngegas dari bawah bisa-bisa terbalik,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Yulia menjelaskan sebenarnya kendaraan-kendaraan kecil bisa saja lewat jalan pintas yaitu di Perumahan Kariangau Baru, namun di perumahan itu sering banjir terutama jika hujan mengguyur. Jadi, banyak pengendara yang lebih baik mengantri untuk lewat tanjakan tersebut.

Beruntungnya, tanjakan tersebut tidak pernah memakan korban. Hanya sesekali pengendara roda dua tergelincir dan mengalami luka ringan.

Yulia berharap, tanjakan tersebut bisa segera diperbaiki karena merupakan jalan utama menuju Pelabuhan Ferry Kariangau.

“Kasian juga yang kerja, ketika mau buru-buru tapi macet karena truk-truk besar itu jalannya pelan,” ujarnya.

Terpisah, Lurah Kariangau, Iskandar menerangkan bahwa pihaknya telah melaporkan hal tersebut ke Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Timur.

“Sudah saya laporkan ke PU Provinsi, tahun ini sudah diagendakan. Tinggal tunggu proses,” kata Iskandar melalui WhatsApp.


TOPIK BERITA TERKAIT: #tanjakan-golf-kariangau #dinas-pu-kaltim #jalan-rusak-kariangau 

Berita Terkait

IKLAN