Jumat, 26 April 2024 04:52 WIB

Daerah

Ekonomi Lesu Dihantam Pandemi, BLK Balikpapan Tingkatkan Kompetensi Warga

Redaktur: M. Yusuf
| 2.989 views

Suasana pembukaan pelatihan berbasis kompetensi di BLK Industri Balikpapan (Istimewa)

Balikpapan, Presisi.co - Dalam menghadapi IKN yang akan datang tentunya persaingan di dunia kerja akan meningkat. Untuk itu, Balai Latihan Kerja (BLK) Industri Balikpapan melaksanakan pelatihan berbasis kompetensi bagi masyarakat Kaltim agar dapat bersaing dengan tenaga kerja dari luar Kaltim. Pelatihan ini dilaksanakan sejak 21 Maret 2021 hingga bulan November 2021 mendatang.

“Diharapkan peserta atau masyarakat Kaltim tidak hanya sebagai penonton, tapi juga memiliki daya saing untuk dapat bersaing dengan tenaga kerja dari luar Kaltim,” kata Awaludin, Kasi Penyelenggara dan Pelatihan BLK Balikpapan.

Dalam pelatihan ini, setidaknya ada 29 paket pelatihan yang bisa diikuti oleh masyarakat. Masing-masing paket nantinya hanya diisi 16 orang sebab keterbatasan anggaran.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti dua kompetensi, Awaludin membeberkan masyarakat bisa saja mendaftar dan akan dilakukan seleksi terlebih dahulu.

“Bisa saja ikut dua kompetensi, nanti mendaftar lagi seperti di awal nanti kami seleksi lagi. Dan dipilih 16 orang saja,” ungkapnya.

Pelatihan ini bekerjasama dengan sejumlah BUMN dan perusahaan swasta, serta menggandeng instruktur yang kompeten di bidangnya untuk memberikan pelatihan kepada para peserta.

Nantinya, para peserta yang telah mengikuti pelatihan ini dan dinilai kompeten akan mendapatkan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Serta bisa mengajukan lamaran di perusahaan-perusahaan swasta maupun BUMN.

“Kalau mau masuk perusahaan ada tes ya tergantung perusahaan lagi. Kalau dites lagi kan peserta tidak perlu khawatir lagi karena sudah kompeten dari pelatihan ini,” ujarnya.

Pelatihan ini juga diharapkan berguna untuk bersaing di dunia kerja serta untuk mengurangi angka pengangguran.


Editor : M.Yusuf


TOPIK BERITA TERKAIT: #blk-balikpapan #pelatihan-kerja #dampak-pandemi 

Berita Terkait

IKLAN