Rabu, 15 Mei 2024 09:32 WIB

Daerah

Waspada Masker Medis Palsu, Begini Cirinya

Redaktur:
| 2.432 views

ilustrasi masker medis (freepik)

Balikpapan, Afiliasi.net - Memakai masker sudah menjadi kebiasaan baru masyarakat. Tidak jarang beberapa masyarakat pun turut menjual masker untuk meraup keuntungan. Namun, ada saja oknum masyarakat yang menjual masker medis palsu tanpa memikirkan dampak yang akan didapatkan.

Para penjual masker banyak ditemukan di setiap toko bahkan banyak pula yang menjualnya di pinggir jalan. Masker-masker tersebut dikemas dalam bungkus plastik dan tidak menjamin keaslian dan keamanan masker.

Menanggapi peredaran masker medis palsu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty berencana melakukan razia bersama dengan Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Balikpapan.

“Ini mau ramadhan, kita akan razia terkait produk makan minum dengan pengawet dan yang sudah kadaluarsa. Ini sekaligus razia masker,” ucapnya pada Rabu, 7 April 2021.

Sejak awal pandemi, wanita yang akrab disapa Dio ini menjalskan sudah sering mensosialisasikan jenis-jenis masker kepada masyarakat, termasuk masker bedah yang dipalsukan. Masyarakat pun diharap bisa membedakan mana masker medis asli dan masker medis palsu.

Dio membeberkan, masker medis terdiri dari tiga lapis yang mempunya fungsi filter, terdapat kawat di bagian hidung masker, dan terdapat lipatan di bagian permukaan masker.

“Tidak lupa lihat kode di kotaknya, ada SNI dan ada kode izin edar,” ujarnya.

Untuk itu, masyarakat diimbau untuk membeli masker di tempat-tempat terpercaya seperti apotek. Karena jika masyarakat menggunakan masker medis palsu, potensi untuk terpapar virus Covid-19 akan semakin tinggi.

“Jika menemukan penjual masker medis palsu segera laporkan,” tutupnya.


TOPIK BERITA TERKAIT: #masker-bedah #masker-medis-palsu #covid-19 

Berita Terkait

IKLAN