Minggu, 05 Mei 2024 11:49 WIB

Daerah

Siap-siap! Ratusan PKL Pasar Pandansari Akan Ditertibkan

Redaktur: M. Yusuf
| 1.526 views

Kepala Satpol PP Balikpapan, Zulkifli. (Rizna/Afiliasi.net)

Balikpapan, Afiliasi.net - Surat Keputusan Wali Kota 188.45-128/2021 telah terbit. Dengan demikian, ratusan pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di sekitar pasar Pandansari akan ditertibkan.

Rencana penertiban ini akan dilakukan pada 23 Juni 2021 mendatang. Menyasar dua tempat, yakni di halaman pasar Pandansari dan di jalan utama di depan pasar Pandansari.

Kepala Dinas Perdagangan Balikpapan, Arzaedi Rahman menjelaskan, pihaknya telah mengeluarkan teguran bagi PKL sejak 4 Juni lalu dan akan berakhir pada 10 Juni mendatang.

"Setelah itu ditindaklanjuti dengan peringatan tiga tahap selama tiga hari berturut-turut yang dilaksanakan Satpol PP," kata Arzaedi, Senin 7 Juni 2021.

Peringatan tiga tahap oleh Satpol PP ini akan dimulai pada 11 Juni dan berakhir pada 21 Juni 2021. Setelah itu Satpol PP akan melakukan penertiban non yustisial pada 23 Juni 2021.

Pada penertiban nanti, akam berfokus di Jalan Pandan Wangi sampai ke arah Jalan Margasari dan ke Jalan Pandansari. Kemudian, di sepanjang Jalan Pandansari atau pertokoan Pandansari sampai ke arah Jalan Letjen Suprapto dan ke arah Jalan Margasari.

Wilayah lainnya yaitu sepanjang Jalan Margasari di depan Kantor Kelurahan Margasari. Serta di area parkir pertokoan pasar Pandansari.

"Penertiban ini memang tidak menertibkan seluruh kawasan yang ditempati PKL. Jadi nanti para PKL menata diri masing-masing menggunakan wadah yang disediakan," jelas Kepala Satpol PP Balikpapan, Zulkifli.

Pemkot Balikpapan tidak lagi memberikan kelonggaran waktu beejualan seperti penertiban sebelumnya. "Dulu kita tetapkan yang pagi maksimal sampai jam 8 lalu yang sore baru boleh di jam 4. Tapi itu tidak bisa dikendalikan, jadi tidak digunakan lagi," terangnya.

PKL yang ditertibkan ini pun diharapkan bisa masuk ke dalam gedung pasar. Diketahui, lapak yang kosong di Pasar Pandansari mencapai 971 lapak. Sedangkan data PKL yang mau ditertibkan sekitar 360 orang.

Penulis: Rizna


TOPIK BERITA TERKAIT: #penertiban-pkl #satpol-pp-balikpapan #pkl-pasar-pandansari 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler