Kamis, 02 Mei 2024 07:22 WIB

Daerah

Lapas Kaltim-Kaltara Over Kapasitas, Pemprov Kaltim Rencanakan Bangun Lapas Baru di Kukar

Redaktur: Fera
| 1.047 views

Gubernur Kaltim Isran Noor saat diwawancara awak media seusai kegiatan di Lapas Klas IIA Samarinda, Senin 16 Agustus 2021 (Humas Lapas)

Samarinda, Afiliasi.net - Guna mengurangi tingkat over kapasitas di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kaltim-Kaltara saat ini berupaya maksimal dalam memberikan penanganan, seperti pemindahan narapidana dari lapas berkapasitas 300 persen ke lapas berkapasitas di bawah 100 persen, serta memberikan remisi kepada narapidana.

Dari hasil pendataan yang dihimpun oleh Kantor Wilayah Kemenkumham Kaltim - Kaltara, jumlah kapasitas lapas Kaltimtara diketahui ada sekitar kurang lebih 12.515 orang di 13 UPT. Sedangkan, daya tampung hanya bisa menampung 3.586 orang. Hal tersebut menyebabkan over kapasitas sebesar 300 persen.

Gubernur Kaltim Isran Noor mengatakan, saat ini pihak Pemerintah Provinsi Kaltim sedang menyiapkan bangunan lapas baru.

"Kita ingin menyiapkan lahan di sekitar Kukar (Kutai Kertanegara). Sudah setahun yang lalu ini tapi kita terhambat gara - gara Covid - 19," ucap isran saat mendatangi Lapas Kelas IIA Samarinda dalam kegiatan penyerahan SK remisi pada Senin 16 Agustus 2021.

Isran mengaku, Pemprov Kaltim akan berusaha merelokasi lapas yang over kapasitas ke lahan baru tersebut dan saat ini sedang menginventarisir lahan di kawasan Kukar. Menurutnya, agar penanganan over kapasitas ini segera teratasi maka relokasi lapas harus segera dilakukan.

"Segera dilakukan. Disana luas, jangan seperti di sini. Kan di sini seperti karung beras ditumpuk-tumpuk," ujar Isran.

Rencana relokasi lapas itu pun disambut baik oleh Kakanwil Kemenkumham Kaltim-Kaltara, Sofyan. Ia mengungkapkan permasalahan over kapasitas lapas adalah tanggung jawab seluruh pihak.

"Kita sambut baik sekali. Pak Gubernur berkenan membangun lapas yang lebih manusiawi lagi dan kami support sekali hal itu," ungkapnya.

"Namun, kami juga tidak lalai tetap melakukan tugas dengan baik. Alhamdulillah, bisa kita lihat kondusif semua. Seluruh lapas saya di Kaltimtara semua kondusif dengan kerja keras dan kerja ikhlas," sambungnya.

Penulis: Vicky


TOPIK BERITA TERKAIT: #lapas-kaltim-kaltara #kemenkumham-kaltim #isran-noor #sofyan 

Berita Terkait

IKLAN