Rabu, 08 Mei 2024 06:13 WIB

Daerah

Sambut Kedatangan Presiden, Beberapa Ruas Jalan di Samarinda Auto Mulus

Redaktur: Fera
| 856 views

Pembersihan di kawasan simpang DI Panjaitan-PM Noor. (Vicky/Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo direncanakan akan melakukan kunjungan kerja ke dua kota di Kalimantan Timur, yakni, Samarinda dan Balikpapan, pada Selasa 24 Agustus 2021.

Kabar kedatangan Presiden Joko Widodo sudah beredar sejak Minggu, 22 Agustus lalu. Kehadiran orang nomor 1 di Indonesia itu sungguh membawa makna bagi kota Samarinda. Pasalnya, akibat dari kedatangan Presiden beberapa ruas jalan terpantau mulus dalam waktu sehari.

Kedatangan Jokowi itu didampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Pesawat kepresidenan pun akan mendarat di Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto Samarinda.

Dalam kunjungan kerjanya ini, Jokowi akan meninjau kegiatan vaksinasi khusus pelajar yang digelar di SMPN 22 di Jalan Pahlawan Samarinda dan meresmikan ruas tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99 kilometer, serta vaksinasi massal di Balikpapan.

Terpantau, rute jalan yang nantinya akan dilalui oleh Presiden mulai dari Bandara APT Pranoto hingga jalan poros provinsi pun turut dibenahi sehingga jadi lebih mulus dan rapi.

Mulai dari jalan Sungai Siring hingga Tanah Merah, yang sebelumnya berlubang, terhitung mulai Senin 23 Agustus 2021 hari ini, terlihat beberapa petugas yang bekerja di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pemprov Kaltim menambal aspal sehingga menjadi lebih mulus.

Padahal sebelumnya, terdapat lubang di badan jalan beserta besi yang mencuat ke jalan di kawasan simpang empat Jalan DI Panjaitan-Jalan PM Noor. Kerusakan itu pun juga ikut diperbaiki dan mejadi lebih rapi.

General Superitendent PT Karya Etam Bersama, Arif Rahman, membenarkan bahwa tujuan perbaikan ruas jalan lintas provinsi di jalan DI Panjaitan berkaitan dengan kedatangan Jokowi ke Samarinda.

"Artinya ada kaitannya, kami diperintahkan oleh balai Kaltim untuk persiapan kedatangan presiden juga, selain dari kedatangan presiden, kami juga memastikan jalan yang ada itu dilalui dengan kondisi bagus," ucapnya.

Ia juga mengungkapkan, jika perbaikan jalan ini merupakan tugas dari SKPD Provinsi Kaltim yang dananya berasal dari APBN 2021.

"Untuk reservasi jalan dalam kota Samarinda itu linknya dari Jalan Panjaitan, PM Noor, Wahab Syahrani, Juanda, Antasari, Slamet Riyadi, Yos Sudarso dan Tenggarong Seberang (Loa Buah). Untuk penanganannya sendiri  terbagi dari tiga jalan dan dua jembatan serta satu trotoar," ungkapnya.

Selain itu, pengawas lapangan DLH bagian perawatan Jalan DI Panjaitan, Alipotik menjelaskan, bahwa pihaknya telah mendapatkan perintah untuk melakukan pembersihan di sepanjang jalur kawasan tersebut. Akan tetapi hal ini dilakukan bukan karna kedatangan Jokowi.

"Ya sebenarnya ini kegiatan rutin kami, dan saya juga kan di sini sebagai pengawas. Mungkin karna bertepatan dengan kehadiran Jokowi makanya kelihatannya begitu," sebut Alipotik.

Ia juga menegaskan, terkait perbaikan yang terjadi di beberapa ruas jalan di kota Samarinda, menurutnya mau ada ataupun tidaknya kehadiran Jokowi ke Samarinda, seharusnya perbaikan dan perawatan jalan tetap di lakukan.

"Kan kalau terus bersih dan tata kota rapi enak juga buat kita (masyarakat). Tidak perlu tunggu datang presiden kan. Kalau dari DLH setiap hari selalu membersihkan sampah, apalagi sebelumnya ada sampah di dalam lubang yang sebelumnya ada di persimpangan jalan DI Panjaitan-PM Noor itu," pungkasnya. (*)


Penulis: Vicky


TOPIK BERITA TERKAIT: #kunjungan-kerja-jokowi-ke-kaltim #perbaikan-jalan-di-samarinda #arif-rahman 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler