Sabtu, 18 Mei 2024 10:50 WIB

Daerah

Balikpapan Sering Terendam Banjir, Ini Solusi yang Ditawarkan TBAG

Redaktur: Fera
| 908 views

Ilustrasi banjir yang terjadi di Jalan Beller, Balikpapan Selatan (Dokumentasi Basarnas).

Balikpapan, Afiliasi.net - Banjir adalah salah satu masalah yang selalu dihadapi Kota Balikpapan. Bahkan, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud memasukan penanganan banjir menjadi salah satu visi dan misinya saat pesta demokrasi beberapa waktu lalu.

Untuk mengatasi hal tersebut, pemkot melakukan audiensi dengan Tim Ahli Bangunan dan Gedung (TABG) Balikpapan untuk mencari cara agar banjir di Balikpapan bisa segera teratasi.

"Pak Wali minta kami ikut berpartisipasi memikirkan banyak hal di kota ini, terutama cara mengatasi banjir," ungkap Ketua TABG, Benny Dhanio, Senin 30 Agustus 2021.

Sebab, selama 5 tahun belakangan, banjir di Balikpapan kerap terjadi di titik-titik yang sama dan dinilai tidak teratasi dengan baik. Menanggapi hal itu, Benny menawarkan sejumlah cara. Antara lain adalah solusi jangka pendek, solusi jangka menengah, dan solusi jangka panjang.

"Solusi jangka pendeknya dengan menyiapkan pompa air, untuk jangka menengah bisa dengan membuat bozem dan perluasan saluran drainase. Sementara untuk jangka panjang adalah kedisplinan tata ruang. Misalnya daerah bukit mulai ramai dijadikan pemukiman, itu bisa menyebabkan erosi," urainya.

Tidak hanya mengenai banjir, Benny menyebut pada audiensi pagi tadi juga membahas terkait penataan dan keindahan kota serta pembangunan dan perizinan yang tidak sesuai dengan peruntukannya.

"Misal izinnya ruko tapi dijadikan hotel, atau izin bangunan dua lantai malah dibangun jadi tiga lantai," pungkasnya.

"Tapi fokus utama masih dalam penanganan banjir dulu," pungkasnya. (*)

Penulis: Rizna


TOPIK BERITA TERKAIT: #banjir-di-balikpapan #tim-ahli-bangunan-dan-gedung-balikpapan #benny-dhanio #rahmad-masud #penanganan-banjir-di-balikpapan 

Berita Terkait

IKLAN