Senin, 06 Mei 2024 12:22 WIB

Advetorial

Percepat Aksesibilitas Sistem Informasi Data Kaltim, Diskominfo Gelar Diskusi Metadata Statistik

Redaktur: Bella
| 612 views

Kepala Bidang Statistik Diskominfo Kaltim, Adrie Dirga Sagita (kiri)

Samarinda, Afiliasi.net – Data yang baik dan akurat adalah kunci pemangku kebijakan untuk menyukseskan berbagai program pembangunan. Menyadari hal tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalimantan Timur melakukan sejumlah upaya. Salah satunya dengan mengadakan Focus Group Discussion (FGD) Metadata Statistik Sektoral dalam waktu dekat.

Senin, 21 Februari 2022, Sistem informasi yang terstruktur diperlukan agar setiap program organisasi perangkat daerah (OPD) terlaksana dengan baik. Data yang terhimpun secara komperhensif dan mudah diakses dapat digunakan untuk menunjang keperluan dan pengambilan kebijakan pembangunan di daerah.

Sistem inilah yang dalam bahasa kekinian disebut sebagai metadata. Pada Selasa mendatang, Kepala Bidang Statistik Diskominfo Kaltim, Adrie Dirga Sagita, mengatakan Diskominfo Kaltim akan melakukan diskusi metadata statistik pertamanya.

Diskominfo bakal mengundang tenaga admin pengola data dari berbagi instansi, khususnya terkait dengan pelayanan publik. Ia menilai diskusi yang terfokus mengenai pelatihan dilakukan untuk mencerdaskan instansi vertikal maupun perangkat daerah dalam menghimpun dan mengketegorikan data.

"Apalagi kita bekerja di lingkungan pemerintahan ini, tentu sangat membutuhkan kecepatan dan ketepatan," ungkap Dirga, sapaannya.

Kegiatan tersebut direncakanakan berlangsung selama tiga hari, yakni mulai 22 hingga 24 Februari. Bertempat di Hotel Aston, Jl. Pangeran Hidayatullah, Samarinda. Diskusi akan berlangsung secara luring dan daring. Dalam kegiatan ini Diskominfo akan menghadirkan tiga narasumber dari Badan Pusat Statistik Kaltim.

“Besar harapan kami OPD dan instansi terkait dapat ikut berpartisipasi membangun dan mewujudkan Metadata Statistik Sektoral yang berkualitas,” pungkas pria berkacamata ini. (*)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #diskominfo-kaltim #statistik #metadata 

Berita Terkait

IKLAN