Sabtu, 04 Mei 2024 12:36 WIB

Advetorial

1 Tahun Kepemimpinan Andi Harun-Rusmadi, Ini Catatan dari Ketua DPRD Kota Samarinda

Redaktur: Rahmadani
| 890 views

Ketua DPRD Kota Samarinda, Sugiyono. (Achmad/Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net – Menginjak satu tahun masa kerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda, Andi Harun – Rusmadi, DPRD Kota Samarinda selaku mitra kerja memberikan beberapa catatan terkait realisasi program Pemerintah Kota Samarinda.

Ketua DPRD Kota Samarinda, Sugiyono menyampaikan, masyarakat Kota Samarinda sejatinya dapat menilai sendiri bagaimana kinerja wali kota dan wakilnya selama 1 tahun menjabat, sejak dilantik pada 26 Februari 2021 silam.

Terkhusus, dalam realisasi 10 program unggulan yang terkenal dengan jargon "Samarinda Kota Pusat Peradaban" yang menjadi visi-misi keduanya.

"Terkait visi misinya (wali kota) sekarang kita bisa lihat melalui program Pro Bebaya itu yang sudah mulai ditindak lanjuti, hanya eksekusinya memang belum maskimal," ucap Sugiyono, Selasa, 1 Maret 2022.

Seperti diketahui, 10 program unggulan Andi Harun – Rusmadi di antaranya adalah penanganan banjir, penataan pedagang kaki lima (PKL), parkir, tempat pembuangan sementara (TPS), hingga pemberdayaan terhadap masyarakat lewat program Pro Bebaya Rp 100 – Rp 300 juta per RT per tahun.

Sugiyono mengakui, memang dalam melaksanakan program-program yang dicanangkan oleh wali kota dan wakil, Pemkot Samarinda tak luput dari sederet permasalahan dan kendala.

Namun pada tahun pertama kepemimpinan keduanya, menurut Sugiyono beberapa progres perubahan perlahan sudah mulai terlihat.

"Barangkali apa yang direncanakan itu tidak bisa langsung dieksekusi, pasti ada banyak kendala terutama pekerjaan-pekerjaan besar," sebutnya.

Sugiyono menambahkan, gagasan demi gagasan telah dikemukakan kepada DPRD untuk menanggulangi ragam persoalan yang ada di Kota Tepian ini. Beberapa di antaranya pun telah dilaksanakan melalui anggaran APBD perubahan tahun 2021 dan sebagiannya sudah tercantum dalam APBD 2022 melalui persetujuan DPRD.

Sugiyono menilai gagasan itu patut ditunggu realisasinya agar terlihat efektivitasnya bagi masyarakat. Pun dirinya mengapresiasi gaya kepemimpinan Andi Harun – Rusmadi yang cukup responsif dalam menanggapi masalah.

"Sampai saat ini kan, masih dipersiapkan (program, Red), termasuk polder-polder itu ya. Kalau pak Andi Harun sekarang ini cukup responsif ya terhadap permasalahan apapun, dan kerja samanya dengan DPRD sangat baik, kalau ada laporan apa-apa pasti langsung ditanggapi," pungkas politis asal PDI-Perjuangan tersebut. (*)

Penulis : Achmad


TOPIK BERITA TERKAIT: #ketu-dprd-samarinda #sugiyono #dprd-kota-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN