Jumat, 29 Maret 2024 01:15 WIB

Daerah

Akhirnya Beroperasi, IPA Kalhol Resmi Diserahkan ke Perumdam Tirta Kencana

Redaktur: Rahmadani
| 915 views

Wali Kota Samarinda Andi Harun saat menyampaikan sambutan di peresmian IPA Kalhol, Rabu, 21 September 2022. (Istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net - Instalasi Pengolahan Air (IPA) Kalhol akhirnya resmi diserahkan ke Perumdam Tirta Kencana Samarinda atau PDAM oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kaltim, Rabu, 21 September 2022. 

Wali Kota Samarinda Andi Harun menjadi saksi serah terima pengelolaan IPA Kalhol di Jalan Ampera, Kelurahan Simpang Pasir, Kecamatan Palaran tersebut. 

Selain penyerahan fasilitas IPA Kalhol, diketahui Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan IV turut melaporkan penanganan mendesak terhadap longsor di area yang pengerjaannya cukup memakan waktu tersebut. 

Kepada awak media, Andi Harun menyampaikan dengan beroperasinya IPA Kalhol ini bisa menambah kapasitas produksi air bersih untuk kebutuhan warga. Khususnya di wilayah Kecamatan Palaran dan Samarinda Seberang. 

“Kemampuan produksi IPA Kalhol ini besar, 250 liter per detik,” ucapnya, usai meninjau fasilitas IPA Kalhol itu. 

Dengan dimulainya IPA air baku dari Sungai Mahakam tersebut, lanjut Andi Harun, diharapkan juga dapat menjangkau pemenuhan air bersih di pinggiran Samarinda bagian selatan. 

“Jadi bisa bertambah lagi potensi sambungan baru, dan ini cukup besar yaitu 10 ribu,” imbuhnya. 

Terkahir, Andi Harun sampaikan, peningkatan kualitas dan mutu air bersih di Samarinda ini bisa mendorong potensi investasi air bersih yang sedang dijajaki Investor dari Korea Selatan yang difasilitasi Bappenas beberapa waktu lalu. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #ipa-kalhol #andi-harun #pemkot-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler