Rabu, 24 April 2024 07:09 WIB

Advetorial

400 Lebih Relawan Samarinda Dikukuhkan Dirjen Adwil Kemendagri, Andi Harun: Antusiasme Masyarakat Tinggi

Redaktur: Rahmadani
| 965 views

Wali Kota Samarinda, Andi Harun, memberikan mandau khas Suku Dayak kepada Dirjen Adwil Kemendagri, Safrizal ZA, usai pengukuhan 400 lebih anggota RedKar Samarinda, Kamis, 13 Oktober 2022 di Balai Kota Samarinda. (Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Wali Kota Samarinda, Andi Harun, menghadiri langsung pengukuhan 400 lebih anggota Relawan Pemadam Kebakaran (RedKar) Kota Samarinda yang dikukuhkan langsung oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Safrizal ZA, pada Kamis, 13 Oktober 2022. 

Kepada awak media, Dirjen Adwil Kemendagri Safrizal ZA mengungkapkan, maksud pembentukan RedKar Samarinda ini merupakan wujud partisipasi masyarakat dalam mengatasi bencana kebakaran beserta langkah penyelamatannya oleh petugas. 

"Fungsinya memberikan pengarahan dan sosialisasi kepada masyarakat untuk mencegah kebakaran. Termasuk, mengatasi api kecil, karena kalau besar api akan sulit diatasi, makanya harus segera," ujarnya.

 

Safrizal memaparkan, standar minimal pelayanan kebakaran itu mengharuskan petugas RedKar harus tiba di lokasi selama 15 menit setelah menerima informasi terjadinya kebakaran. 

Akan hal tersebut, dirinya meminta Pemkot Samarinda menindaklanjuti pengukuhan ini dengan mengadakan pelatihan-pelatihan bagi anggota RedKar melibatkan TNI-Polri dan unsur Forkopimda. 

"Diberikan pelatihan untuk mendapatkan sertifikat. Ada 21 level sertifikat, untuk tingkat paling dasar pelatihan, minimal mampu mengetahui cara-cara mencegah kebakaran," bebernya. 

Sebagai informasi, Samarinda merupakan daerah kedua di Indonesia yang anggota RedKar-nya baru saja dikukuhkan, setelah pada Juli 2022 lalu Dirjen Adwil Kemendagri Safrizal ZA mengukuhkan RedKar di Kubu Raya, Kalimantan Barat. 

Redkar sendiri merupakan organisasi sosial yang secara sukarela berpartisipasi membantu pemadam kebakaran mewujudkan ketahanan lingkungan dari bahaya kebakaran yang dibentuk dari, oleh, dan untuk masyarakat. 

Sejauh ini, sebut Safrizal, ada 14.700 orang yang mendaftar menjadi anggota RedKar di Indonesia. Pendaftaran dapat dilakukan masyarakat umum secara daring melalui aplikasi Si Padam. 

"Namun yang dikukuhkan baru 700 orang. Dan itu daerah Kalimantan duluan, artinya antusiasnya tinggi," ujarnya. 

Menambahkan, Wali Kota Andi Harun mengaku bangga dengan tingginya antusiasme warga Samarinda yang terlibat dalam penanggulangan pencegahan dan penyelamatan kebakaran. Pasalnya, daerah dengan julukan Kota Tepian ini memang kerap mengalami bencana kebakaran. 

"Dengan partisipasi yang sangat besar dari masyarakat membuat kita bisa bersinergi, melakukan upaya pencegahan dan penyelamatan di setiap kejadian. Sambil kami melakukan edukasi, agar masyarakat semakin sadar terhadap potensi bahaya kebakaran," ucap Andi Harun. 

Sesuai arahan Dirjen Adwil Kemendagri Safrizal ZA, Andi Harun tegaskan pemkot akan segera menjadwalkan pelatihan bagi anggota RedKar Samarinda. 

"Agar seluruh anggota RedKar memperoleh pelatihan tingkat dasar, kami akan kerjasamakan dengan TNI-Polri dan Basarnas," pungkas Andi Harun. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #relawan-damkar #dirjen-adwil-kemendagri-safrizal-za #andi-harun #pemkot-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN