Minggu, 05 Februari 2023 11:31 WIB

Advetorial

180 Lowongan Kerja dan Pelatihan Dibuka BPVP Samarinda, Wali kota Andi Harun Harapkan Cetak SDM Berdaya Saing

Redaktur: Rahmadani

Wali Kota Samarinda, Andi Harun, usai membuka Open House BPVP Samarinda 2022, Rabu, 19 Oktober 2022. (Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Setelah 3 tahun sempat vakum, Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) atau Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Samarinda kembali menggelar pameran bursa (Job Fair) 2022. Ada 180 lowongan kerja dari 42 mitra industri dibuka lewat kegiatan ini dibarengi dengan sejumlah pelatihan. 

Kegiatan dalam rangkaian acara bertema "Open House BPVP" tersebut turut pula menghadirkan pameran produk alumni, talkshow, kompetisi alumni (pembuatan roti, kue dan barista), trial class sepeda motor, promo servis sepeda motor, fashion show, serta panggung hiburan.  

Kegiatan ini diselenggarakan selama 19-20 Oktober 2022. Bertempat di Kantor BPVP Samarinda, Jalan Untung Surapati, Kecamatan Sungai Kunjang. 

Acara dihelat secara sinergis oleh Pemkot Samarinda melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Samarinda bekerjasama dengan BPVP Samarinda dan BPJS Ketenagakerjaan. 

Wali Kota Samarinda Andi Harun membuka secara resmi Open House BPVP ini di Aula Utama Kantor BPVP Samarinda, Rabu, 19 Oktober 2022 pagi tadi. 

Kepada awak media, Andi Harun sebutkan, pelatihan-pelatihan yang digelar memberi kesempatan lebih banyak kepada putra-putri asal daerah, khususnya di Kota Samarinda. Ia pun mengapresiasi terselenggaranya kegiatan Open House BPVP 2022 Samarinda ini. 

"Agar kita memiliki sumber daya manusia yang berdaya saing. Memiliki sertifikasi, sekaligus mendapatkan perlindungan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan," kata Andi Harun. 

Mantan Wakil Ketua DPRD Kaltim itu memaparkan, saat ini antara penempatan tenaga kerja dan kesempatan kerja, membutuhkan SDM yang unggul. Sebabnya, pelatihan diharapkan mampu membuat SDM di Kota Tepian dapat mengisi persaingan kerja yang kompetitif di masa sekarang ini. 

Di samping itu, lanjut Andi Harun, peningkatan SDM khususnya di Samarinda harus dipersiapkan secara baik seiring dengan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kaltim. 

"Tentu imigrasi, urban penduduk dari daerah lain tidak bisa dihindarkan dan kita harus mengantisipasinya dengan menyiapkan pelatihan. Meningkatkan SDM untuk mengisi lowongan kerja yang ada di IKN," papar Andi Harun. 

"Apalagi di situasi global mempengaruhi tekanan ekonomi semua negara. Tentu pekerjaan begitu penting. Belum lagi bonus demografi, selalu saja kesempatan kerja lebih kecil dari lowongan yang tersedia," sambungnya. 

Akan hal tersebut, Andi Harun mengapresiasi banyak pembukaan lowongan dan pelatihan kerja oleh BPVP Samarinda ini. Acara ini pun diakhiri orang nomor satu di Samarinda itu dengan pemberian 750 BPJS Ketenagakerjaan yang meliputi JKK dan JKM secara gratis kepada pencari kerja pertama selama satu bulan penuh. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #bpvp-samarinda #andi-harun #pemkot-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN