Minggu, 19 Mei 2024 05:43 WIB

Advetorial

Ciptakan Rasa Aman bagi Pengendara, Dishub Kukar Rencanakan Bangun LPJU di 26 Titik

Redaktur: Redaksi
| 458 views

Kadishub Kukar, Ahmad Junaidi.

Tenggarong, Afiliasi.net - Kepala Dinas Perhubungan Kutai Kartanegara (Dishub Kukar) Ahmad Junaidi menyebutkan bahwa tahun 2023 ini sebanyak 26 desa di Kukar akan segera diterangi Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU).

Hal itu disampaikan Junaidi saat diwawancarai awak media pada Senin (20/3/2023) sore.

"Sementara ini kita masih dalam proses perencanaan, hingga akhir bulan. Insyaallah bulan April sudah mulai pengerjaan fisiknya," ucap Junaidi.

Dirinya menyampaikan bahwa, pembangunan LPJU itu guna memberikan rasa aman kepada pengendara yang melintas ketika malam hari.

Usulan LPJU sendiri diakui Junaidi telah dikeluhkan masyarakat sejak jauh-jauh hari, serta telah dituangkan dalam Musrenbang dan telah menjadi fokus oleh Bupati Kukar, Edi Damansyah.

Proyek yang dikerjakan melalu Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) Kukar tahun 2023 ini, mendapat kucuran anggaran sekitar 6 miliar rupiah. Dengan dana sebesar ini, diharapakan mampu menerangi 26 titik ruas jalan di desa dan kelurahan yang ada di Kukar, mulai dari hulu hingga pesisir.

"Disamping itu, kita juga akan melakukan perawatan, kalo pengadaan itu khusus desa yang belum ada LPJU, perawatan itu bagi yang sudah ada," sebutnya.

Tedak hanya itu, Ahmad Junaidi pun berkeinginan untuk merubah kontrak daya menjadi permeter, ini ditujukan untuk menghemat biyaya tagihan listrik, yang selama ini bisa mencapai 20 juta rupiah perbulan. Juga akan mengunakan lampu LED yang lebih hemat listrik.

"Kita juga mengusulkan penggunaan smart LPJU, dimana pada jam tertentu lampunya akan meredup. Ini tujuannya agar lebih hemat pembayaran listriknya," pungkasnya. (*)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #penerangan-jalan-umum #diskominfo-kukar #edi-damansyah #kukar-idaman 

Berita Terkait

IKLAN