Sabtu, 27 April 2024 04:55 WIB

Daerah

Terseret Arus Saat Berenang di Sungai Mahakam, Bocah Samarinda Belum Juga Ditemukan

Redaktur: Redaksi
| 545 views

Tim SAR Gabungan dalam proses pencarian Risky, bocah Samarinda yang terseret arus saat berenang di Sungai Mahakam. (Istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net - Seorang bocah bernama Risky (12) dikabarkan terseret arus saat berenang di Sungai Mahakam. Tepatnya, di perairan Mankupalas Tugu Amin, Kecamatan Samarinda Seberang pada Jumat, 24 Maret 2023, sore.

Dua hari sejak kejadian tersebut, bocah yang diketahui tinggal di Jalan Manunggal RT 19, Mangkupalas itu belum juga ditemukan oleh Tim SAR Gabungan.

Informasi dihimpun, Risky berenang bersama rekan-rekannya. Namun, bocah yang duduk di kelas VI SD itu kemudian berenang hingga hampir ke area tengah sungai menjauhi teman-temannya. 

"Korban saat itu berenang agak menengah sendirian, kemudian tiba-tiba aliran sungai menjadi deras dan membawa korban ke tengah sungai lalu tenggelam," ucap Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, Melkianus Kotta saat dihubungi wartawan, Sabtu (25/3/2023).

Mengetahui Risky terbawa arus, kelima rekannya lalu bergegas naik ke darat untuk mencari bantuan warga sekitar.

"Teman-teman korban sempat meminta bantuan ke warga sekitar, namun sesampainya di lokasi korban sudah tenggelam," ungkapnya.

Diketahui, saat kejadian kondisi air sungai sedang surut. Risky diduga tidak mengetahui derasnya arus Sungai Mahakam hingga akhirnya dirinya hilang terseret arus.

"Karena keasyikan berenang, kemungkinan korban tidak tahu bahwa arus di tengah sungai pada saat itu deras hingga mengakibatkan korban terbawa arus," ungkapnya.

Menerima laporan hilangnya Risky itu, Tim SAR Gabungan kemudian berangkat melakukan pencarian menggunakan Rubber Boat dengan cara menyisir sungai. Hingga hari kedua pencarian, Risky tak kunjung ditemukan. 

"Setelah kita terima laporan, sore itu juga kita kerahkan anggota bersama dua Rubber Boat untuk melakukan pencarian," terangnya.

"Hingga siang ini masih nihil," sambungnya.

Dibantu Polaroid dan BPBD setempat pencarian pun terus dilakukan dan di perluas hingga 6 kilometer dari titik lokasi Risky dikabarkan tenggelam

"Pencarian dilakukan sampai 4 nautical mile (6 kilometer) di LKP korban," pungkasnya. (*)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #tim-sar-gabungan #melkianus-kotta #sungai-mahakam #bocah-tenggelam 

Berita Terkait

IKLAN