Selasa, 16 April 2024 11:14 WIB

Advetorial

Kesbangpol Kukar Lakukan Sosialisasi Untuk Tingkatkan Partisipasi Pemilih di Pemilu 2024

Redaktur: Redaksi
| 575 views

Kepala Kesbangpol Kukar, Rinda Desianti (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) saat ini terus melakukan sosialisasi di setiap sekolah guna menanamkan jiwa politik sejak dini.

Kepala Kesbangpol Kukar, Rinda Desianti mengatakan bahwa tujuan sosialisasi tersebut juga agar siswa paham dengan nilai-nilai demokrasi, hak asasi, partisipasi politik, serta tanggung jawab sosial.

Selain itu, sosialisasi ini penting dilakukan untuk membentuk karakter anak-anak menjadi individu yang kritis, demokratis, dan bertanggung jawab di masa yang akan datang.

“Selama ini orang sering menganggap datang ke tempat pemilihan suara (TPS) hanya sekedar memilih. Namun mereka tidak tahu siapa orang yang dipilih itu,” ucap Rinda, Senin (27/3/2023).

Hadirnya edukasi tentang politik diharapkan dapat membuat pelajar di Kukar, bisa memahami bagaimana menilai figur dengan objektif.

"Bagaimana mereka harus memahami terlebih dahulu, apa yang menjadi visi dan misi calon dan partai sebelum menjatuhkan pilihan," ungkapnya.

Hal inilah yang didorong Rinda. Agar masyarakat Kukar tidak hanya menuntaskan kewajibannya untuk datang ke TPS dan memiluh. Sosialisasi ini juga dilakukan dengan tujuan untuk menaikan tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum.

“Di tahun 2019 kemarin, tingkat partisipasi kita 81,24 persen. Tentu saja target partisipasi pemilih di tahun 2024 diharapkan lebih dari itu, karna nanti itu perpaduan antara Pileg dan Pilpres, ” pungkasnya. (*)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemilu-2024 #diskominfo-kukar #sosialisasi-pemilu #partisipasi-pemilih 

Berita Terkait

IKLAN