Jumat, 19 April 2024 04:34 WIB

Advetorial

Bupati Kukar Berikan Pembekalan dan Pengarahan kepada Calon Jamaah Haji

Redaktur: Redaksi
| 289 views

Bupati Kukar Edi Damansyah saat memberikan arahan kepada calon haji di Masjid Agung.

Tenggarong, Afiliasi.net - Sebanyak 531 calon jamaah haji asal Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mendapatkan pembekalan dan pengarahan dari Bupati Kukar Edi Damansyah sebelum diberangkatkan ke Asrama Haji Batakan, Embarkasi Sepinggan Balikpapan untuk beribadah haji ke Tanah Suci Makkah. Pembekalan itu diadakan di Masjid Agung Kukar, pada Rabu (24/5/2023).

Bupati Edi memberikan arahan, agar para jamaah haji dapat menunaikan ibadah dengan sebaik-baiknya dan memelihara kesehatan. Ia juga meminta para jamaah haji untuk selalu diberi kemudahan dan keselamatan oleh Allah SWT sejak awal diberangkatkan ke tanah suci hingga kembali ke tanah air.

“Saya berharap kepada para jamaah haji untuk mengenal dan berkoordinasi dengan para petugas TPHD (Tim Pemandu Haji Daerah) dan TKHD (Tim Kesehatan Haji Daerah) jika mengalami masalah atau kesulitan selama melaksanakan ibadah haji. Merekalah nantinya yang akan berkoordinasi langsung dengan TPHI (Tim Pemandu Haji Indonesia), TPIHI (Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia), serta TKHI (Tim Kesehatan Haji Indonesia) dari Indonesia. Sebab, ada sebanyak 531 Jemaah Haji Reguler asal Kukar yang menunaikan ibadah haji tahun ini,” ucapnya.

Selanjutnya, kata Edi bagi jamaah haji yang dikategorikan lansia, maka perlu untuk mengikuti instruksi dan skenario layanan haji dari PPIH (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji) sejak keberangkatan menuju asrama haji, penyerahan gelang identitas, dokumen perjalanan, hingga living cost (uang saku) kepada jamaah dapat terpantau. Selanjutnya, para calon Haji lansia ini perlu didampingi oleh TPHD untuk memperoleh hak-haknya secara adil dan merata, sama dengan calon jemaah haji lainnya.

“Selain itu, saya juga berpesan agar para jamaah haji selalu mengikuti arahan dari Ketua Rombongan Haji setibanya di Tanah Suci. Ada kalanya, jemaah haji tidak ingat kartu kamar dan nama hotel. Begitu pula saat akan beraktivitas di luar hotel, jangan pernah sendirian dan selalu menyampaikan kepada Ketua Rombongan Haji,” pungkasnya. (*)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #edi-damansyah #calon-haji-kukar #ibadah-haji-2023 #kukar-idaman #diskominfo-kukar 

Berita Terkait

IKLAN