Senin, 29 April 2024 12:26 WIB

Daerah

Terisolir dari Pusat Kota Samarinda, Desa Loa Kumbar Bakal Dibangun Dermaga Perintis

Redaktur: Redaksi
| 203 views

Pelabuhan Desa Loa Kumbar

Samarinda, Afiliasi.net –  Wali Kota Samarinda Andi Harun mengunjungi Desa Loa Kumbar, Kecamatan Sungai Kunjang, Rabu (16/8/2023). Usai kunjungan, dia berjanji akan fokus pada akselerasi pembangunan di daerah dari segala sektor. Termasuk kemudahan akses agar perputaran ekonomi dapat berjalan dengan baik.

“Kami bentuk Tim Koordinasi Pembangunan Desa Loa Kumbar, nantinya setiap OPD (Organisasi Perangkat Daerah) harus mengambil bagian,” ungkapnya.

Andi Harun mengatakan, permasalahan akses sungai di Loa Kumbar akan diserahkan ke Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Samarinda. Termasuk rencana pembangunan pelabuhan untuk mempermudah pendistribusian hasil tani.


“Ini guna untuk akselerasi pembangunan di perbatasan Kota Samarinda, agar merata,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dishub Kota Samarinda Hotmarulitua Manalu mengatakan dirinya telah melakukan koordinasi dengan RT setempat terkait kepemilikan lahan pelabuhan. Pihaknya meminta clean and clear terkait lahan. Kegiatan itu akan menggunakan APBD Perubahan 2023.

“Tahun ini akan mulai direncanakan, agar cepat dibangunkan pelabuhan yang sesuai,” ujarnya.

Pelabuhan yang akan dibangun nantinya akan sebagai dermaga perintis. Artinya, pelabuhan ini sebagai penghubung daerah perbatasan dan terisolir. Sehingga tidak ada nilai komersialnya. Nantinya akan disubsidi melalui Coorporate Sosial Responsibility (CSR) dari PT Pelabuhan Samudera.

Dishub akan menganalisa secara mendalam terkait kebutuhan warga. Terdapat beberapa pilihan terkait dengan pembangunan Dermaga Perintis. Pertama, Jika tidak memungkinkan dan harus melakukan pembongkaran kayu dari pelabuhan yang sekarang, maka memerlukan waktu 3 – 4 bulan untuk mengganti secara permanen.

Kedua, jika tetap mempertahankan material kayu, maka pihaknya hanya harus memperbaiki bagian yang tidak memungkinkan. Kemudian menambah floating untuk mempermudah akses.

“Kami akan survei lebih detail lagi kebutuhannya,”jelasnya.

Pihaknya akan memberikan subsidi kapal untuk akses warga. 

“Kalau jalan tidak memungkinkan, berarti hanya akses sungai. Kalau Dermaga Perintis semua bisa kita subsidi,” pungkasnya. (editor: jon)


TOPIK BERITA TERKAIT: #samarinda #kota-samarinda #desa-loa-kumbar #kaltim 

Berita Terkait

IKLAN